Ini 6 Bahan yang Bikin Sarapan Ramen Jadi Makin Kaya Nutrisi

Riska Fitria - detikFood Kamis, 01 Agu 2019 06:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ramen atau mie instan jadi menu sarapan favorit. Jangan asal direbus, coba tambahkan bahan lain agar rasanya makin enak dan nutrisinya komplet.

Ramen jadi makanan sarapan favorit warga kota. Selain praktis, harganya murah dan rasanya juga gurih enak. Meski tak dianjurkan untuk sarapan ramen setiap pagi, jika ingin sarapan ramen ada baiknya tambahkan beberapa bahan. Bahan-bahan tambahan alami ini selain bikin enak juga nutrisi ramen kian lengkap.

1. Gunakan Kaldu Buatan Sendiri
Ini 6 Bahan yang Bikin Sarapan Ramen Jadi Makin Kaya NutrisiFoto: iStock

Ramen umumnya menggunakan paket bumbu yang mengandung MSG. Secara terang-terangan MSG diakui sebagai bumbu yang berbahaya untuk kesehatan otak. Karenanya disarankan untuk menambahkan kaldu buatan sendiri ke dalam sajian ramen.

Kaldu tersebut bisa didapatkan dari sayuran, ayam atau hanya berupa dashi dan miso yang dicampur dengan air. Selain lebih sehat, kaldu buatan sendiri ini juga bisa memberikan rasa yang lebih kaya lagi.

2. Tambahkan Aroma
Ini 6 Bahan yang Bikin Sarapan Ramen Jadi Makin Kaya NutrisiFoto: iStock

Ramen dengan aroma segar bisa memberikan efek semangat untuk tubuh. Anda bisa menambahkan berbagai bumbu dapur seperti bawang putih, jahe dan bawang bombai. Selain lebih beraroma, tambahan bumbu tersebut bisa membuat sup ramen lebih berkualitas.

Sehingga bisa dijadikan sebagai obat penghangat di kala cuaca buruk. caranya parut bawang putih dan jahe, kemudian tumis dengan sedikit minyak selama 1 menit. Lalu kemudian masukkan ke dalam kaldu.

Baca Juga : Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang

3. Tambahkan Saus
Ini 6 Bahan yang Bikin Sarapan Ramen Jadi Makin Kaya NutrisiFoto: iStock

Saus yang baik untuk campuran ramen adalah jenis saus seperti saus cabai, bawang putih, sriracha, saus, tiram, saus hoisin, saus ikan, gochujang, dan kecap. Campuran saus tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kaldu agar bisa menghasilkan ramen yang kaya akan rasa.

Anda disarankan untuk menambahkan sedikit garam ke dalam saus. Atau saus tersebut juga bisa langsung dimasukkan ke dalam mangkuk sebagai bumbu meja.

4. Tambahkan Sayuran
Ini 6 Bahan yang Bikin Sarapan Ramen Jadi Makin Kaya NutrisiFoto: iStock

Sayuran merupakan sumber gizi yang baik. Penggunaannya banyak dicampur di segala jenis makanan. Salah satunya adalah pada sajian ramen. Anda bisa mencampurkan sayuran jenis wortel, paprika, jamur, kol, brokoli, kacang polong dan jagung.

Dengan menambahkan sayuran ke sajian ramen, dijamin akan membuat pagi Anda lebih berenergi lagi.

5. Tambahkan Protein
Ini 6 Bahan yang Bikin Sarapan Ramen Jadi Makin Kaya NutrisiFoto: iStock

Menambahkan telur ke dalam ramen adalah cara terbaik untuk mendapatkan asupan proteinnya. Caranya pecahkan telur ke dalam kaldu yang mendidih dan biarkan selama 3 menit.

Pastikan telur di dalamnya tidak hancur agar warna kaldu tidak berubah menjadi keruh. Atau telur juga bisa dimasak secara terpisah, baru kemudian ditaruh diatas ramen. Selain telur, kandungan protein juga bisa didapatkan dengan mencampur tahu, tempe, ayam rebus, daging, edamame dan udang.


6. Tambahkan Topping
Ini 6 Bahan yang Bikin Sarapan Ramen Jadi Makin Kaya NutrisiFoto: iStock

Sajian ramen akan lebih nikmat jika ditambah dengan varian topping yang menyehatkan. Ide topping yang bisa Anda ikuti adalah seperti riracha, kimchi, biji wijen, remah daging, nori atau rumput laut kering, rempah segar seperti daun ketumbar, kemangi , daun bawang atau bawang merah goreng.

Selain itu juga bisa dilengkapi dengan minyak wijen panggang, cabai hancur, furikake, atau irisan jeruk nipis. Selain kaya akan rasa, tambahan berbagai topping juga bisa membuat ramen lebih berwarna dan bertekstur lagi.

Baca Juga : 'Fire Ramen', Ramen Berkuah Kaldu Api Menyala di Jepang

Simak Video "Menipu Mata, Ternyata Hot Dog Ini Adalah Mie Ayam!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)