Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 08 Apr 2019 12:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Membuat ramen tentulah sangat mudah dibuat. Akan tetapi ternyata banyak yang masih salah. Apa ya kesalahannya?

Ramen, mie kuah asal Jepang ini umumnya dibuat dengan mie tipis dengan kuah kaldu hangat. Ramen lebih enak diberi irisan daging ayam, udang, daging sapi dan telur setengah matang.

Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner JepangFoto: iStock

Menurut data terbaru, ditemukan bahwa 84 persen orang Inggris salah saat memasak masakan Jepang. Terkait dengan hari Ramen Nasional yang bertepatan pada 4 April kemarin, maka seorang pakar makanan memberi informasi tentang bagaimana cara membuat mie yang benar di rumah.

Baca Juga: Mau Bikin Ramen di Rumah? Semua Bahannya Bisa Anda Temukan di Supermarket Ini!

Bonnie Chung, pendiri restoran Jepang Miso Tasty mengatakan pada Daily Star (02/04/2019), "Mie yang lengket, lembek, berlendir adalah sesuatu yang sangat dihindari saat memasak hidangan seperti ramen."

Chung mencontohkan seperti pasta, mie harus selalu al dente atau dalam bahasa Jepang disebut 'shikoshiko'.

"Ketika Anda memasak pasta, saat ingin memindahkan mie dari wajan ke mangkuk, Anda harus segera membilasnya dalam air untuk menghilangkan pati. Pati tersebut yang membuat tekstur menjadi lengket pada pasta."

"Kemudian Anda dapat meletakkan mie dalam air es, Anda bisa sambil menyiapkan bahan lainnya."

"Meskipun kedengarannya aneh jika meletakkan mie di atas es, tapi hal tersebut dapat proses pemanasan, yang akan mengakibatkan mie menjadi lembek."

Bonnie juga telah melakukan penelitian pada restorannya Miso Tasty, yang ternyata ada beberapa kesalahan besar yang dilakukan orang saat sedang memasak makanan Jepang di rumah.

Dan ternyata 59 persen orang Inggris melakukan kesalahan klasik saat sedang memakan mie, yaitu dengan mencoba menikmatinya dengan alat makan seperti sendok, pisau, atau garpu.

Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner JepangFoto: Istimewa

Kesalahan juga muncul pada topping, lebih dari 56 persen orang tidak tahu bahan apa yang digunakan saat memasak masakan Jepang, dan hampir seperlimanya sekitar lima belas persen menambahkan keju, saus tomat atau mayo ke mangkuk mereka.

Bonnie melanjutkan, "Dalam budaya Jepang, mie adalah simbol kehidupan dan dalam memakannya dianggap sebagai pengalaman yang sangat istimewa dan harus dinikmati."

"Tetapi banyak orang Inggris mengasosiasikan mie ramen dengan makanan cepat saji yang murah dan muncul lah mie instan, bahkan ternyata banyak orang yang tidak pernah memasaknya dengan baik karena biasa memasak ramen yang instan."

"Sangat memalukan bahwa hampir setengah dari populasi yaitu sekitar 42 persen mengatakan bahwa orang Inggris tidak pernah memasak makanan Jepang."

Seperti yang telah dikutip pada Daily Star, beginilah cara memasak mie ramen yang benar:

1. Untuk wajan, sebaiknya selalu gunakan dua wajan. Satu untuk mie dan satunya untuk membuat kaldunya.

2. Kemudian masukkan ke dalam air yang sudah mendidih.

3. Jika mie lengket, berarti patilah yang menjadi biang keladinya. Setelah direbus, bilas dengan air dingin untuk menghilangkan tepung dan menghindari lengket pada mie.

4. Ramen pada dasarnya memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lengket. Jangan memasak terlalu lama dan supaya mempertahankan teksturnya adalah dengan letakkan mie ke dalam air es sembari menyiapkan bahan-bahan lainnya.

Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner JepangFoto: iStock

5. Setelah kaldu siap untuk disajikan, panaskan kembali mie yang berada di es, lalu letakkan ke dalam air mendidih selama 10 detik saja.

6. Perhatikan juga rasio ramen. Mie adalah yang utama. Ingat aturan penyajian 80:10:10, 80 untuk mie, 10 persen sayuran dan 10 persen protein.

7. Anda harus memakannya dalam mangkuk, bukan wajan. Awalnya letakkan mie, lalu lapisi protein dan sayuran Anda serta tambahkan kaldu hangat.

8. Sajikan dalam mangkuk bukan wajan. Mulailah dengan mie kemudian beri tambahan protein dan sayuran. Dan terakhir siram dengan kaldu hangat.

Baca Juga: Tambahkan Bahan Rahasia Ini Agar Rasa Ramen Instan 100 Kali Lebih Enak (lus/lus)