Supermarket Unik

Mau Bikin Ramen di Rumah? Semua Bahannya Bisa Anda Temukan di Supermarket Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 22 Jan 2018 17:20 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Supermarket Unik
Jakarta - Hujan begini enaknya makan ramen. Tak harus membeli, Anda bisa membuatnya sendiri dengan membeli bahannya di supermarket khusus Jepang. Apa saja ya bahannya?

Ramen merupakan mie kuah Jepang yang sangat populer. Dibuat dengan mie tipis dengan kuah kaldu hangat dan beberapa tambahan topping seperti daging ayam, udang, daging sapi dan telur setengah matang.

Baca juga: Mau Cari Ikan Saba dan Satoimo? Semuanya Ada di Supermarket Jepang Ini!

Meskipun ada banyak sekali restoran ramen di Jakarta dan di beberapa kota besar. Namun tak ada salahnya jika Anda coba membuat ramen sendiri di rumah. Mengunjungi supermarket khusus Jepang, detikFood mampir ke supermarket Papaya dan juga AEON Mall.

Ramen bisa dibuat dengan menyiapkan bahan seperti mie ramen kering, potongan daging sapi, jamur shitake, kaldu ayam, garam, telur, daun bawang hingga sedikit wijen. Untuk bumbunya, Anda bisa menyiapkan minyak wijen, mirin, jahe, bawang putih, daun bawang dan garam.

Kalau sudah berencana mencari bahan-bahan ramen, langsung saja melipir ke area frozen food di supermarket Jepang ini. Karena mirin, mie ramen, minyak wijen dan jamur shitake sudah pasti ada di supermarket khusus ini.

Mau Bikin Ramen di Rumah? Semua Bahannya Bisa Anda Temukan di Supermarket Ini!Foto: iStock
Untuk mie ramen kering kemasan dibandrol dengan harga sekitar Rp 25.000 hingga Rp 35.000 per bungkusnya. Sedangkan untuk bumbu seperti mirin sekitar Rp 70.000 per liternya, jika ingin yang halal pastikan untuk mengecek label halalnya atau menggantinya dengan shoyu. Karena hampir sebagian mirin mengandung alkohol.

Minyak wijen dibandrol dengan harga sekitar Rp 35.000 tergantung ukurannya. Tak harus menggunakan merek Jepang, beberapa merek lokal juga memiliki minyak wijen berkualitas baik. Dan sebagai campuran ramen agar makin gurih, Anda bisa menambahkan jamur shitake kering 200 gram yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 47.000-an.

Agar tak berbelanja secara berlebihan, sebaiknya tulis dulu daftar bahan-bahan yang akan Anda beli. Sesampainya di rumah, cukup buat kaldu dari daging ayam atau tulang ayam yang ditambahkan dengan daun bawang, jahe serta bawang putih.

Jangan lupa untuk tambahkan garam, mirin serta minyak wijen untuk menambah citarasa Jepang. Anda juga bisa menambahkan topping seusai keinginan. Selain potongan jamur shitake yang sudah matang, Anda juga bisa menambahkan dengan daging ayam, telur rebus, udang dan daging sapi.

Taruh mie dan bahan-bahan lainnya yang Anda inginkan, lalu siram dengan kuah kaldu. Hmm, ramen siap disajikan!

Mau Bikin Ramen di Rumah? Semua Bahannya Bisa Anda Temukan di Supermarket Ini!Foto: iStock

Baca juga: Usai Belanja di Supermarket Korea Ini Bisa Jajan Oden dan Tteok-bokki Hangat
(dwa/odi)
FOKUS BERITA Supermarket Unik