6 Alasan Makan Pepaya Bisa Bikin Berat Badan Cepat Turun

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 17 Jul 2019 09:35 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain berolahraga, mengonsumsi buah tertentu bisa turunkan berat badan. Salah satunya pepaya yang sudah terkenal dengan khasiatnya memperlancar sistem pencernaan.

Pepaya adalah buah yang memiliki banyak manfaat. Buah lembut dan manis ini memiliki berbagai enzim, vitamin dan mineral. Bukan hanya meningkatkan kekebalan tubuh, makan pepaya juga bisa bertindak sebagai 'detoksifikasi' yang mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh.

Pepaya juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Bukan hanya itu, buah berbiji ini ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Dilansir dari Times of India (15/7), inilah karakteristik pepaya yang membuatnya bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif saat dikonsumsi. Tentu sangat pas bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Baca Juga: Tak Suka Bau Pepaya? Cobalah Trik Ini Agar Rasa dan Aromanya Enak


1. Rendah kalori

6 Alasan Makan Pepaya Bisa Bikin Berat Badan Cepat TurunFoto: iStock

Siapa sangka, satu buah pepaya utuh hanya mengandung kurang dari 65 kalori, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan camilan yang aman dan sehat. Pepaya juga tinggi serat dan rendah kalori yang sangat diperlukan dalam usaha menurunkan berat badan.


2. Membuat cepat kenyang


Pepaya memiliki banyak serat makanan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan ngemil pepaya, maka Anda akan terhindar dari konsumsi kalori yang tidak diinginkan dan tidak sehat.


3. Memperbaiki pencernaan


Serat dan nutrisi lain yang ada dalam pepaya ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan usus Anda. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus. Karena dengan memiliki usus yang bersih dan sehat, maka akan meningkatkan dan mendorong penurunan berat badan yang efektif.


4. Mencegah berbagai penyakit

6 Alasan Makan Pepaya Bisa Bikin Berat Badan Cepat TurunFoto: Thinkstock

Pepaya dikemas dengan healthy papai, yaitu enzim penting yang bisa membantu penyerapan protein sehingga dapat mengurangi asam lambung yang lebih rendah. Selain itu pepaya menjaga sirkulasi darah tubuh, menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penyakit kardiovaskular. Jika Anda memiliki jantung dan usus yang sehat, maka usaha menurunkan berat badan akan lebih mudah.

5. Mengurangi peradangan

Karena kehadiran antioksidan, pepaya dikenal mampu melawan radikal bebas yang ada di tubuh Anda. Dengan kandungan ini, maka dapat menenangkan peradangan yang menyebabkan masalah dalam proses penurunan berat badan.


6. Meningkatkan metabolisme

6 Alasan Makan Pepaya Bisa Bikin Berat Badan Cepat TurunFoto: ilustrasi/thinkstock

Pepaya memiliki kalsium, serat, protein, potasium, magnesium dan berbagai nutrisi penting yang bersama-sama mampu memperkuat metabolisme tubuh. Pepaya membantu mengurangi stres oksidatif dan juga mendetoks racun berbahaya sehingga tubuh Anda siap menurunkan berat badan lebih cepat.

Baca Juga: Pahit Daun Pepaya Bisa Bantu Sembuhkan Demam Berdarah

Simak Video "Daun Pepaya, Rasa Pahit yang Kaya Manfaat Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)