Tak Suka Bau Pepaya? Cobalah Trik Ini Agar Rasa dan Aromanya Enak

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 26 Apr 2019 10:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Beberapa orang memang tak menyukai aroma pepaya. Agar lebih menarik, cobalah cara ini supaya pepaya tetap enak ketika disantap.

Pepaya merupakan buah berwarna oranye dengan rasa manis yang punya segudang zat gizi. Pepaya sangat baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin, mineral dan juga serat. Kandungan gizinya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Sayangnya buah ini memiliki aroma khas yang banyak tak disuka beberapa orang. Beberapa orang menyebut aromanya mirip seperti kotoran burung.

Tak Suka Bau Pepaya? Cobalah Trik Ini Agar Rasa dan Aromanya EnakFoto: iStock

Meskipun begitu, pepaya juga sangat penting untuk melawan penyakit. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya dapat membantu cegah sariawan dan tingkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan kandungan seratnya bisa membantu lancarkan pencernaan. Hal ini bisa berpengaruh terhadap penyerapan lebih cepat sehingga dapat membantu penurunan berat badan.

Baca juga: Dusun Semampir Olah Pepaya California Jadi Carica Paris yang Legit

Punya banyak manfaat, lalu bagaimana agar Anda yang tak suka aromanya bisa dinikmati dengan nikmat. Ada beberapa trik dari NDTV (24/04) agar bisa tetap menikmati buah kaya manfaat ini.

Triknya adalah menambahkan sedikit air jeruk lemon atau jeruk nipis. Air jeruk lemon memiliki aroma segar dan kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi. Sehingga air lemon dapat membantu hilangkan bau dan juga menetralkan rasa pahit yang timbul akibat pepaya yang kurang matang.

Ada tiga cara mudah membuat sajian pepaya dengan perasan air lemon lebih enak:

1. Salad pepaya dan lemon

Salad buah dengan campuran pepaya bisa Anda tambahkan dengan lemon dan kacang-kacangan. Kacang tanah atau pun almond dapat membuat tekstur salad semakin renyah.

Tak Suka Bau Pepaya? Cobalah Trik Ini Agar Rasa dan Aromanya EnakFoto: iStock

2. Jus pepaya dan lemon

Cobalah blender pepaya dengan daun mint. Tambahkan sedikit air dan perasan lemon. Ini akan memberikan rasa segar dalam segelas jus pepaya.

3. Dessert pepaya dan lemon

Hancurkan buah pepaya dan beri air lemon, gula dan bahan-bahan lain yang ingin Anda tambahkan. Kemudian bekukan dan nikmati sebagai hidangan penutup.

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Manfaat Penting Buah Pepaya Bagi Kesehatan (lus/lus)