Pahit Daun Pepaya Bisa Bantu Sembuhkan Demam Berdarah

Milla Kurniaputri - detikFood Sabtu, 13 Jul 2019 08:32 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Tidak hanya buahnya, ternyata daun pepaya juga memiliki khasiat. Mampu meningkatkan jumlah trombosit dan melawan penyakit demam berdarah.

Penyakit demam berdarah dengue atau DBD telah menjadi penyakit yang mengancam jiwa di setiap tahunnya sehingga jumlah korban demam berdarah terus meningkat. Penyakit ini memang sering dialami oleh masyarakat Indonesia terutama ketika musim hujan.

Gejala DBD diantaranya ialah berkurangnya trombosit darah, demam, dan nyeri sendi yang parah. Ketika penyakit ini terdeteksi, tahap awal yang dilakukan biasanya pemulihan dengan meningkatkan jumlah trombosit.

Jus daun pepaya dikatakan dapat meningkatkan jumlah trombosit dan memperkuat sistem imun tubuh. Seperti dilansir dari E Times (11/7), resep rumahan ini telah populer untuk mempercepat proses pemulihan DBD bersama dengan pengobatan yang diresepkan dokter.
Renyah Pahit Daun Pepaya Bisa Bantu Sembuhkan Demam BerdarahFoto: istimewa

Baca Juga: Tak Suka Bau Pepaya? Cobalah Trik Ini Agar Rasa dan Aromanya Enak

Daun pepaya dipenuhi dengan banyak manfaat. Daun pepaya kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain, yang dapat mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Bukan hanya bagus untuk sistem pencernaan, jus daun pepaya juga dapat mengobati beberapa masalah lainnya seperti mencegah rambut rontok dan ketombe. Jus pepaya ini memiliki beberapa nutrisi seperti vitamin A, C, E, K, dan B dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium magnesium, dan zat besi.
Renyah Pahit Daun Pepaya Bisa Bantu Sembuhkan Demam BerdarahFoto: istimewa

Belum ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat daun pepaya dalam penyembuhan demam berdarah. Namun menurut para ahli kesehatan konsumsi daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit yang bagus untuk penderita DBD serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuat jus daun pepaya, pilih daun pepaya yang tak terlalu tua, cuci bersih dan potong-potong. Buat jus dengan juicer dan bisa ditambahkan air jeruk lemon agar rasanya lebih segar. Minum jus ini segera setelah dibuat.

Baca Juga: Kena Demam Berdarah? Konsumsi 5 Makanan Alami Ini Agar Tubuh Segera Pulih

(dvs/odi)