Mau Berat Badan Naik? Konsumsi 5 Buah Enak dan Sehat Ini

Shara Azzhara - detikFood Jumat, 12 Jul 2019 07:37 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Beberapa orang kesulitan menaikkan berat badan. Untuk cara sehat, cobalah konsumsi 5 buah ini. Mulai dari mangga sampai alpukat.

Berat badan merupakan hal subjektif. Banyak yang ingin menurunkan berat badan, ada pula yang berusaha menaikkan berat badan. Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan ternyata sama sulitnya dengan menurunkan berat badan.

Kesulitan menaikkan berat badan dapat terjadi karena perbedaan tubuh dan caranya menyerap nutrisi. Ketimbang menggunakan obat-obatan kimia, cobalah buah-buahan yang disarankan Times of India (11/7) ini untuk menaikkan berat badan.

Baca juga : Campurkan MPASI dengan 5 Makanan Ini Agar Berat Badan Si Kecil Naik

Mau Berat Badan Naik? Konsumsi 5 Buah Enak dan Sehat IniFoto: iStock

1. Mangga
Buah yang banyak ditemukan di negara tropis ini mengandung banyak nutrisi seperti tembaga, vitamin B, vitamin A dan E. Banyak orang menyukai mangga karena rasanya yang cocok dipadukan dengan berbagai hidangan. Ternyata mangga manis mengandung fruktosa yang membuatnya kaya kalori dan karbohidrat. Sekitar 128 gram mangga mengandung 99 kalori sehingga sangat baik dijadikan menu dalam program penambahan berat badan. Manggo sticky rice atau jus mangga jumbo yang sedang populer dapat menjadi pilihan bagi Anda.

2. Pisang
Pisang sangat pas bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan sekaligus membentuk otot tubuh. Rata-rata pisang mengandung sekitar 119 kalori. Selain kaya akan kalori dan karbo, pisang juga dilengkapi dengan mikronutrien yang sangat baik untuk kesehatan usus. Menambahkan pisang dalam oatmeal, yogurt, atau smoothie dapat memberikan tekstur kental yang khas dan mempercepat naiknya berat badan.

Baca juga : Tak Suka Junk Food, Tom Holland Dituntut Naikkan Bobot Demi Jadi 'Spider-Man'

Mau Berat Badan Naik? Konsumsi 5 Buah Enak dan Sehat IniFoto: iStock

3. Kelapa
Dikenal sebagai tumbuhan sejuta manfaat, kelapa memang memiliki berbagai khasiat. Kelapa mengandung kalori, lemak, dan karbo yang kaya dan baik bagi tubuh. Buah ini juga dilengkapi dengan kebaikan mineral seperti fosfor dan tembaga. Satu porsi buah kelapa kandungan kalorinya dapat mencapai 99 kalori. Rasanya yang netral juga dapat dipadukan dengan hidangan apapun. Konsumsilah daging kelapa dan air kelapa untuk menambahkan berat badan.

4. Buah kering
Buah-buahan kering memuat banyak nutrisi dan sangat ideal untuk menaikkan berat badan. Anda dapat memenuhi kebutuhan gula alami sehari-hari dengan mengonsumsi buah-buahan kering. Selain sehat, buah kering juga cocock untuk dibawa saat berpergian dan menjadi camilan. Campuran kacang-kacangan dan buah kering seperti kismis sangat lezat untuk menjadi topping yogurt atau oatmeal.

Mau Berat Badan Naik? Konsumsi 5 Buah Enak dan Sehat IniFoto: iStock

5. Alpukat
Buah yang selalu menjadi primadona sosial media ini ternyata juga baik dalam menaikkan berat badan. Alpukat mengandung lemak sehat yang dapat menaikkan berat badan Anda secara natural. Faktanya, satu buah alpukat berukuran sedang mengandung sekitar 162 kalori. Menambahkannya dalam hidangan harian dapat menjadi sumber protein nabati, mikronutrien, termasuk potasium dan vitamin K, C, B5, dan lain-lain. Tambahkanlah alpukat dalam isian sandwich atau dimakan langsung dengan susu cokelat.

Baca juga : Tekanan Darah dan Berat Badan Naik? Rutinlah Makan Mentimun Tiap Malam



Simak Video "Redakan Gerah dengan Segarnya Rujak Es Krim Pakualaman"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)