Selain Chia Seed, Biji-bijian Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 03 Jul 2019 06:36 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jadi bagian menu sehat, beragam bijian dikonsumsi untuk bantu metabolisme tubuh. Seperti 5 bijian populer yang digolongkan sebagai superfood ini.

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi saat tubuh mengubah makanan menjadi energi yang nantinya digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Metabolisme yang lambat mengakibatkan tubuh cenderung lebih cepat gemuk. Konsumsi makanan yang percepat metabolisme dapat bantu turunkan berat badan atau jaga tubuh tetap ramping.

Dilansir dari berbagai sumber, biji-bijian ternyata kaya gizi, termasuk memicu metabolisme tubuh. Biji-bijian juga mengandung zat gizi mikro seperti asam folat, zat besi dan merupakan sumber serat makanan.

Lima bijian ini bisa memicu metabolisme tubuh. Karenanya sering dikonsumsi untuk menjaga berat badan agar tidak naik.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Tubuh Agar Tak Mudah Gendut

1. Flax Seed (Biji Rami)

Selain Chia Seed, Bijian Ini Juga Bisa Picu Metabolisme TubuhFoto: Istimewa

Flax seed memiliki warna cokelat tembaga. Biji mungil ini penuh dengan serat, dan memiliki berbagai kandungan nutrisi lainnya mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, hingga pengurangan disfungsi ovarium.

Adanya kandungan lignan nabati, omega 3s, minyak, dan serat dalam flax seed juga membantu meningkatkan pencernaan tubuh, dan dapat mencegah sembelit. Anda bisa mengonsumsi flax seed sebagai makanan sehari-hari. Bisa dipakai sebagai taburan smoothie, salad ataupun sup.

2. Chia Seed (Biji Chia)

Selain Chia Seed, Bijian Ini Juga Bisa Picu Metabolisme TubuhFoto: Istimewa

Meskipun ukurannya sangat kecil, chia seed adalah salah satu makanan paling bergizi. Chia seed memiliki tekstur seperti gel di sekitarnya. Kaya akan serat, protein, asam lemak omega-3 dan zat gizi mikro lainnya. Biji ini juga tinggi antioksidan.

Biji ini juga memiliki protein berkualitas tinggi. Selain itu juga dapat membantu mengurangi berat badan, dengan mengurangi nafsu makan. Semuanya bisa meningkatkan metabolisme. Chia seed dapat dicampur dengan sereal, atau rendam dalam susu selama 15 menit kemudian tambahkan sedikit madu atau gula.

3. Biji bunga matahari

Selain Chia Seed, Bijian Ini Juga Bisa Picu Metabolisme TubuhFoto: Istimewa

Biji bunga matahari tergolong biji yang paling murah. Biji ini mengandung protein yang baik, lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Bahkan untuk orang tua, biji ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu juga memiliki banyak protein dan vitamin B yang bermanfaat bagi wanita dari segala usia, terutama wanita hamil. Tambahkan biji ini ke dalam salad, sereal, ataupun sayuran yang ditumis.

4. Biji Melon

Selain Chia Seed, Bijian Ini Juga Bisa Picu Metabolisme TubuhFoto: Istimewa

Tak perlu khawatir jika menelan biji melon ketika sedang makan buahnya, karena biji melon kaya akan manfaat sehat. Biji ini memiliki sumber protein, vitamin dan mineral. Biji melon adalah sumber asam lemak omega 6 yang sangat baik dan dapat membantu meningkatkan daya ingat, pencernaan, dan mengatur tekanan darah.

5. Biji selasih

Selain Chia Seed, Bijian Ini Juga Bisa Picu Metabolisme TubuhFoto: Istimewa

Biji basil atau selasih adalah sumber zat besi, kalsium, dan magnesium yang baik, yang bisa membantu mengisi kekurangan zat gizi penting dalam makanan. Biji ini mengandung serat larut, yang dapat meningkatkan kesehatan usus, mengkontrol gula darah, kadar kolesterol sehat, dan mengontrol nafsu makan. Anda bisa campurkan biji ini ke dalam minuman favorit Anda seperti lemon atau jus lainnya.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Biji Alpukat Justru Paling Kaya Nutrisi Menyehatkan



Simak Video "Nyore Asyik dengan Croissant Keju dan Daging Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)