5 Minuman Alami Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Shara Azzhara - detikFood Rabu, 26 Jun 2019 07:12 WIB
Foto: istock Foto: istock
Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai penyakit komplikasi. Selain mengonsumsi obat, minuman alami yang rasanya enak ini dapat membantu menurunkan tekanan darah sekaligus cegah hipertensi.

Pola makan yang tidak sehat, durasi bekerja yang panjang, dan stress adalah beberapa faktor yang dapat memperburuk kesehatan tubuh terutama tekanan darah tinggi. Hipertensi berkembang ketika darah memberikan tekanan yang lebih kuat ke dinding arteri, dan kondisi ini akan menaikkan tingkat tekanan darah hingga melewati batas wajar. Tekanan darah manusia normal sendiri berkisar antara 140/90 mmHg.

Baca juga : Rutin Konsumsi Jus Delima dan Susu Kedelai Agar Jantung Tetap Sehat

Pada level yang tidak parah, hipertensi tidak akan memberikan pengaruh buruk yang dapat dirasakan. Namun, jika tidak ditangani dengan baik, maka akan menimbulkan masalah kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Karenanya, penderita hipertensi harus memperhatikan pola makan yang seimbang dan memasukkan buah dan sayur yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Para pakar kesehatan menyarankan penderita hipertensi untuk menghindari makanan dengan kandungan sodium yang tinggi dan memperbanyak konsumsi potassium. Selain makanan, asupan minuman penunjang juga sangat disarankan. Berikut beberapa minuman alami yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5 Minuman Alami Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: iStock

1. Jus delima
Jus delima mengandung vitamin penting dan potassium yang membantu melembutkan atau memperlancar sirkulasi darah. Delima juga dikenal mampu melawan dan meminimalisir ACE (enzim pengonversi angiotensin) yang menyempitkan pembuluh darah. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi jus delima dapat memperbaiki tekanan darah sistolik (angka yang lebih tinggi dalam pembacaan tekanan darah). Sementara sebuah eksperimen menunjukkan hasil bahwa orang yang menderita hipertensi akan mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan setelah mengonsumsi 150 ml jus delima setiap hari selama dua minggu.

2. Jus jeruk
Jeruk memiliki kandungan potassium yang melimpah. Kandungan makanan yang tidak baik bagi tekanan darah tinggi akan diseimbangkan dengan rutin mengonsumsi jus jeruk. Kandungan folat dan bioflavonoid sitrus alaminya juga membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu memelihara kesehatan jantung.

Baca juga : Berkulit Mulus, Ini Racikan Jus Sehat yang Rutin Diminum Olivia Jensen

5 Minuman Alami Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: iStock

3. Susu
Dalam segelas susu, terkandung fosfor, potasium, dan kalsium yang sangat baaik bagi kesehatan tekanan darah. Ditambah lagi, susu memiliki kandungan vitamin D yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mengontrol aliran darah. Penelitian dalam British Journal of Nutrient menjelaskan, mengonsumsi susu atau produk olahan susu tinggi lemak atau rendah lemak dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan susu tinggi lemak mengandung asam palmitic dalam jumlah yang signifikan sehingga dapat memblokir sinyal dan membuat rileks pembuluh darah, memungkinkan darah untuk mengalir dengan lancar. Pembuluh darah arteri yang ketat dan terbatas dapat menimbulkan peningkatan tekanan darah.

4. Teh hibiskus
Meminum secangkir teh hibiskus dapat menurunkan tekanan darah, terutama ketika tekanannya sedang menanjak drastis. Hal ini dikemukakan di dalam Journal of Nutrition. Para peneliti mengatakan bahwa teh hibiskus mengandung antosianin dan antioksidan lainnya yang membantu pembuluh darah menahan kerusakan yang menyebabkan penyempitan. Banyak teh herbal di pasaran yang mengandung hibiskus. Cirinya adalah warna yang kemerahan ketika diseduh dan memberikan rasa asam (tart). Penelitian yang sama menyarankan agar penderita hipertensi meminum 3 cangkir teh hibiskus setiap hari. Agar khasiatnya lebih maksimal, diamkan teh selama 6 menit terlebih dahulu sebelum dinikmati.

5 Minuman Alami Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: Getty Images

5. Jus tomat
Jus tomat diketahui mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol bagi penderita hipertensi dan penyakit jantung. Tomat juga memiliki kandungan zat anti inflamasi yang baik untuk keseluruhan tubuh. Sebuah penelitian di Jepang membuktikan efek positif dari tomat tersebut. Penelitian yang melibatkan 481 partisipan tersebut menyediakan jus tomat selama setahun penuh sebanyak yang mereka inginkan. Kemudian pola konsumsi jus tomat dicatat dalam "tomato juice diaries", bersama dengan perubahan kesehatan yang dialami. Hasilnya, tekanan darah menurun 3% dengan rata-rata 94 partisipan yang tidak mengalami hipertensi atau pre-hipertensi. Sementara 125 partisipan dengan riwayat kolestrol mengalami penurunan tekanan darah sebesar 3,3%.

Selain minuman yang direkomendasikan, penderita hipertensi juga disarankan untuk menghindari beberapa jenis minuman terutama alkohol karena dapat merusak organ dalam tubuh.

Baca juga : Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!

(adr/adr)