Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 22 Agu 2018 18:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Usai makan daging kambing biasanya kolesterol langsung meningkat. Atasi dengan minum racikan jus ini.

Jangan khawatir saat mengonsumsi daging kambing dalam jumlah banyak di Hari Raya Idul Adha. Kolesterol jahat yang ada, bisa Anda usir dengan mengonsumsi 6 jus berikut.

Dengan memadukan beberapa buah dan sayur ini, koleserol jahat yang menumpuk bisa dihilangkan dengan mudah dan cepat, seperti dilansir dari Step to Health (14/1) berikut.

1. Apel, Peterseli, dan Bayam

Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!Foto: Istock
Paduan ketiga bahan ini sangat ampuh turunkan kolesterol. Selain itu, bantu lunturkan lemak serta mengurangi berat badan. Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 4 buah apel, 1 cangkir daun bayam mentah, dan segenggam peterseli.

Bilas semua bahan dengan air mengalir lalu tiriskan. Haluskan semua bahan dengan blender. Kemudian sajikan dalam gelas dan minum begitu tersaji.

Baca juga: Konsumsi Buah dan Sayuran 8 Porsi Sehari Bisa Cegah Depresi, Benarkah?

2. Kubis dan Bawang Putih

Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!Foto: Istimewa
Siapa bilang bawang putih tak bisa dijadikan bahan pembuatan jus? Ternyata bawang putih punya beragam manfaat jika dihaluskan bersama sayuran. Salah satunya dengan kubis.

Keduanya menawarkan khasiat yang sama, yaitu sama-sama ampuh bersihkan kotoran dalam tubuh. Jus ini juga bisa mengurangi kolesterol jahat serta lemak berlebih. Kubis sendiri dapat melemahkan kelenjar tiroid. Cukup sediakan setengah potong kubis ukuran sedang, 2 siung bawang putih, dan setengah cangkir air. Haluskan semua bahan tadi lalu minum.

3. Stawberry, Kiwi, dan Jeruk

Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!Foto: Istock
Tak hanya memiliki rasa yang lezat, paduan kedua buah ini juga memberi banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya ampuh turunkan kolesterol jahat sekagilus tingkatkan sistem imun tubuh.

Siapkan 1 cangkir stawberry (100 gram), 2 buah jeruk dan 1 buah kiwi. Haluskan stawberry dan kiwi dengan air perasan jeruk. Jus ini juga pas dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan diet. Pasalnya jika rutin dikonsumsi, paduan ketiga buah ini ampuh turunkan berat badan.

4. Wortel, Peterseli, dan Bayam

Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!Foto: Getty Images
Memadukan beberapa sayuran hijau memang dikenal ampuh turunkan kolesterol. Namun Anda tetap bisa memadukannya dengan sayuran berwarna oranye seperti wortel.

Menghaluskan wortel, peterseli, dan bayam bisa menghilangkan kolesterol jahat sekaligus membakar lemak berlebih di tubuh. Haluskan 4 buah wortel mentah, 3 tangkai peterseli, dan dua buah daun bayam. Jika mengonsumsinya secara teratur, tubuh Anda bisa terhindar dari kolesterol jahat.

5. Lemon, Peterseli, dan Baking Soda

Yuk, Minum Jus Ini Untuk Usir Kolesterol Jahat dalam Darah!Foto: Istock
Ada cara pengolahan khusus dalam pembuatan jus yang satu ini. Ini dilakukan agar khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah bekerja lebih cepat. Pertama siapkan 2 liter air, 2 batang peterseli, 3 buah lemon, dan bubuk soda.

Bersihkan kulit lemon dengan baking soda. Kemudian rebus dalam air hingga mendidih dan tunggu hingga hangat kuku. Lalu masukkan irisan tipis buah lemon dan cincangan peterseli ke dalamnya. Tutup rapat air rendaman tadi dan simpan dalam kulkas selama satu hari. Kemudian minum sebanyak 120 ml air rendaman dua bahan tadi setiap hari hingga habis.

Baca juga:Makan Buah Ini Untuk Sarapan Bisa Cegah Penuaan Dini hingga Cerahkan Kulit (dwa/adr)