Konsumsi Buah dan Sayuran 8 Porsi Sehari Bisa Cegah Depresi, Benarkah?

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 21 Mar 2018 06:07 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain bagus untuk kesehatan tubuh, ternyata buah dan sayuran dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Termasuk mengurangi risiko depresi.

Sayur dan buah berwarna dikenal memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Selain itu, ada juga antioksidan yang membuat sel-sel tubuh lebih sehat dan terhindar dari efek radikal bebas.

Sebuah studi baru dari American Academy of Neurology, melakukan penelitian yang melibatkan 946 peserta selama enam setengah tahun, dan menemukan peserta yang mengikuti pola diet buah dan sayuran memiliki risiko lebih rendah terserang depresi.Dibandingan dengan mereka yang tidak.
Konsumsi Buah dan Sayuran 8 Porsi Bisa Cegah DepresiFoto: iStock
Baca Juga: Konsumsi 5 Porsi Buah dan Sayuran Setiap Hari Bisa Atasi Depresi

"Merubah gaya hidup, seperti memilih pola makan jauh lebih disarankan dibandingkan meminum obat-obatan," ungkap salah satu peneliti, Dokter Laurel Cherian yang dilansir dari MNN (26/02).

Selain itu sebuah studi dari Australia di tahun 2016, menemukan bahwa mengonsumsi 8 porsi buah dan sayuran setiap hari dapat membuat suasana hati seseorang menjadi baik dan lebih bahagia.
Konsumsi Buah dan Sayuran 8 Porsi Bisa Cegah DepresiFoto: iStock
Menurut salah satu peneliti, Redzo Mujcic dan Andrew J Oswald, meski hasilnya tidak akan terjadi di hari pertama, namun seiring berjalannya waktu, orang yang mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin akan merasakan efek ini.

Selain membuat suasana hati lebih baik dan bahagia, tubuh juga akan terasa lebih sehat, sehingga kualitas hidup Anda meningkat.

Dalam penelitian ini tidak dijelaskan berapa banyak 8 porsi buah dan sayuran tersebut. Menurut salah satu situs kesehatan milik pemerintah Australia, porsi standar sayuran adalah sekitar 75 gram, dan satu porsi buah sekitar 150 gram.
Konsumsi Buah dan Sayuran 8 Porsi Bisa Cegah DepresiFoto: iStock
Meski 8 porsi sayuran dan buah dalam sehari terlihat terlalu banyak, tetapi ini merupakan salah satu cara sehat untuk mengubah pola makan. Anda bisa mengkreasikan buah menjadi jus buah, puding buah, atau menjadikan sayur-sayuran sebagai salad.

Selain sehat, buah dan sayuran juga mengenyangkan. Sehingga buah dan sayuran ini tidak hanya memperbaiki suasana hati Anda, tapi juga membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Stroke Dapat Dicegah dengan Banyak Konsumsi Buah dan Sayuran (sob/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat