Agar Cepat Pulih dari DBD, Konsumsilah 7 Makanan Enak Ini

Shara Azzhara - detikFood Minggu, 23 Jun 2019 11:56 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat terserang DBD, konsumsi makanan alami bisa bantu proses penyembuhan. Mulai dari air kelapa sampai jus lemon yang menyegarkan.

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang kerap menjangkit masyarakat di daerah tropis. Penyakit menular ini dibawa oleh nyamuk aides aegypti dan ditandai dengan demam tinggi, ruam, nyeri otot, dan sendi.

Lembaga kesehatan menyatakan bahwa faktor lingkungan yang kurang sehat seperti jalan yang kotor, aliran air yang tersumbat, dan tempat sampah yang dibiarkan terbuka dapat menjadi faktor besar menyebarnya virus penyebab DBD.

Pulih dari DBD Lebih Cepat dengan 7 Makanan Enak IniFoto: thinkstock

Ketika kita tidak dapat mengelola kebersihan lingkungan yang luas, para pakar merasa cara terbaik untuk terhindar dari DBD adalah dengan berinvestasi pada pola makan sehat. Dengan begitu, tubuh dapat memperkuat sistem imun bahkan membantu proses penyembuhan ketika terserang DBD.

Berikut 7 maknan sehat yang dapat dikonsumsi untuk terhindar dan membantu mengatasi DBD. Informasinya dirangkum oleh Times of India (21/6).

Baca juga : Kena Demam Berdarah? Konsumsi 5 Makanan Alami Ini Agar Tubuh Segera Pulih

1. Jus sayuran
Jus sayuran yang segar dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan kandungan nutrisinya. Anda dapat mencampur wortel, mentimun, dan sayuran hijau untuk mempercepat penyembuhan pasien DBD.

2. Bubur
Bubur nasi sangat mudah dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh meski sedang sakit. Nutrisi di dalamnya dapat mengontrol pertumbuhan virus mematikan dan memberi pasokan tenaga dari dalam tubuh.

Pulih dari DBD Lebih Cepat dengan 7 Makanan Enak IniFoto: Thinkstock

3. Daun pepaya
Daun pepaya telah dikenal sebagai makanan yang baik bagi penderita DBD. Cara memanfaatkannya pun sangatlah mudah. Pertama siapkan dua lembar daun pepaya, kemudian hancurkan dan peras cairannya. Ekstrak daun pepaya inilah yang kemudian diminum. Disarankan untuk mengonsumsi ekstrak pepaya sebanyak dua sendok makan setiap hari saat pagi atau malam.

Baca juga : 6 Racikan Alami di Dapur Ini Bisa Bantu Turunkan Demam

4. Jus jeruk
Buah citrus terbukti sangat baik untuk melawan virus penyebab DBD. Jus jeruk sendiri mengandung energi dan vitamin yang baik untuk pencernaan, meningkatkan keluaran urin. Dengan demikian, konsumsi jus jeruk dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada pasien DBD.

Pulih dari DBD Lebih Cepat dengan 7 Makanan Enak IniFoto: iStock

5. Jus lemon
Jus lemon sangat efektif untuk mengontrol virus dangue dan mengurangi tekanannya di dalam tubuh. Selain itu, rasa jus lemon yang segar juga baik bagi pengecap rasa pasien. Lemon menjadi pilihan yang sangat cocok untuk pasien DBD karena mereka dilarang untuk mengonsumsi makanan yang berminyak dan pedas.

6. Teh herbal
Saat gejala DBD mulai melanda, buatlah teh herbal dengan campuran jahe, kayu manis dan kapulaga. Resep ini sangat efektif bagi pasien DBD atau sebagai pencegahan. Teh herbal ini dapat menurunkan demam dan juga memberikan kekuatan bagi tulang yang lemah dan nyeri saat sakit.

Pulih dari DBD Lebih Cepat dengan 7 Makanan Enak IniFoto: shutterstock

7. Air kelapa
Pakar kesehatan merekomendasikan untuk meminum 2 gelas air kelapa murni setiap hari. Nutrisi air kelapa akan menggantikan elektrolit dan mineral yang hilang karena dehidrasi.

Baca juga : 5 Bahan Sederhana di Dapur Ini Bisa Jadi Obat Alami yang Mujarab

(adr/adr)