Pola Makan Sehat dan Murah

5 Makanan Serba Kukus yang Enak dan Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 15 Jun 2019 11:34 WIB
Foto: dok. detikFood/Istimewa Foto: dok. detikFood/Istimewa
Jakarta - Makanan serba kukus lebih sehat karena bebas lapisan lemak tambahan dalam proses memasaknya. Bagi yang mau hidup sehat, 5 makanan serba kukus ini bisa dicoba.

Kukus merupakan salah satu metode masak yang paling sehat. Ada beberapa olahan makanan kukus yang wajib dicoba bagi mereka yang sedang jalani hidup sehat.

5 Makanan Serba Kukus yang Enak dan SehatFoto: iStock

1. Otak-otak
Camilan sehat tidak selamanya kurang membangkitkan selera makan. Otak-otak, misalnya, tergolong camilan sehat yang disukai banyak orang. Teksturnya empuk dan rasanya gurih paling pas dicocol ke saus kacang.

Untuk pilihan lebih sehat, otak-otak bisa dibuat sendiri dengan cara dikukus. Bahan yang dibutuhkan antara lain ikan tenggiri, santan, garam, gula pasir, bawang merah, dan tepung sagu. Langkah membuatnya mudah bisa diintip di resep ini.

2. Dim sum
Dim sum merupakan makanan khas negara Tirai Bambu yang sehat. Meski tersedia dalam versi goreng, ada juga dim sum kukus. Variannya beragam seperti har gao dan siew mai.

Untuk har gao atau hakau diisi udang utuh yang kenyal dan manis. Har gao lalu dilapisi kulit tipis transparan. Resep dim sum kukus har gao ada di sini. Selain itu, ada juga siew mai ayam yang mudah dibuat dengan resep ini.

5 Makanan Serba Kukus yang Enak dan SehatFoto: Istock

3. Ayam atau ikan
Kalau punya stok paha atau dada ayam tanpa tulang, coba sesekali mengukusnya. Cara ini memangkas asupan lemak, namun cita rasanya tetap enak. Ayam kukus lemon bisa dibuat dengan paduan asamnya lemon dan gurihnya kecap asin serta minyak wijen. Resepnya ada di sini.

Selain itu ada juga ikan kukus yang bisa dicoba. Pilih ikan berdaging tebal yang segar. Seperti ikan kerapu, ikan kakap merah, kakap hitam atau ikan bawal. Membuat ikan kukus di rumah cukup mengikuti resep ini.

4. Siomay
Kalau dari jajanan kaki lima khas Indonesia, ada siomay yang bisa dicoba. Siomay dibuat dari adonan ikan tenggiri yang dikukus. Pelengkapnya ada tahu, kentang, pare, hingga telur yang membuatnya lebih bernutrisi.

Pastikan menikmati siomay yang bersih, dibuat dari ikan sungguhan. Lebih baik lagi jika komposisi ikan segar lebih banyak ketimbang tepungnya.

5 Makanan Serba Kukus yang Enak dan SehatFoto: iStock

5. Sayuran
Terakhir ada sayuran kukus yang jadi alternatif makanan super sehat. Untuk mengukus sayuran, potong dulu sayuran dengan ukuran sama. Kemudian kukus dalam kukusan yang airnya sudah mendidih dan panas.

Kukus selama 5-8 menit tergantung dari jenis sayuran. Berikut beberapa bumbu yang bisa dipakai untuk melezatkan sayuran kukus.

(adr/odi)