Ayo Makan Sayuran

Ini Bumbu yang Bikin Sayuran Kukus Jadi Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 14 Jul 2016 11:43 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Ayo Makan Sayuran
Jakarta - Sayuran kukus atau rebus sering dihindari karena rasanya hambar. Cobalah siasati dengan sedikit tambahan bumbu agar lebih enak.

Selain untuk lalapan, sayuran rebus atau kukus juga enak dimakan begitu saja. Untuk mengukus sayuran, potong dulu sayuran dengan ukuran sama. Kemudian kukus dalam kukusan yang airnya sudah mendidih dan panas.

Kukus selama 5-8 menit tergantung dari jenis sayuran. Jaga jangan sampai terlalu lonyot. Angkat segera dan sajikan dengan beragam bumbu dan bahan ini agar rasanya lebih enak.

1. Bawang putih



Bawang putih cincang halus merupakan bumbu yang paling pas buat sayuran kukus. Taburkan bawang putih cincang pada sayuran saat dikukus. Atau taburi sayuran yang sudah matang dengan bawang putih goreng atau tumis. Cocok untuk hampir semua jenis sayuran, sepeti brokoli, buncis, wortel hingga kailan.

2. Minyak wijen
Aroma wangi gurih minyak wijen membuat sayuran jadi sedap. Aduk sayuran segar dengan sedikit minyak wijen, garam dan merica hingga rata. Kukus seperti biasa hingga matang.

3. Kecap



Kecap atau soy sauce dan saus ikan dengan rasa gurih enak bisa jadi paduan sayuran kukus ini. Perciki sayuran dengan 1-2 sdm saus ikan atau kecap sebelum dikukus.

4. Air jeruk nipis dan lemon



Rasa asam dan aroma segar jeruk bisa membuat sayuran lebih segar rasanya. Masukkan beberapa iris jeruk lemon atau jeruk nipis dalam air kukusan. Atau perciki sayuran rebus/kukus yang sudah matang dengan air jeruk jeruk lemon atau jeruk nipis.

5. Jahe



Jahe muda yang renyah pedas bisa membuat sayuran jadi lebih enak. Cincang jahe muda lalu taburkan pada sayuran sebelum dikukus. Atau taruh beberapa iris jahe dalam air perebus di kukusan.

Jika ingin sensasi lebih gurih, tumis irisan jahe dan taburkan ke atas sayuran kukus sebelum disajikan.

6. Rempah daun



Daun kucai, kemangi, daun bawang, basil atau oregano dan rosemary bisa jadi bumbu sedap sayuran. Cincang halus rempah daun, aduk dengan sayuran segar lalu kukus.

Atau taburi sayuran kukus yang masih panas dengan rempah daun cincang yang sesuai selera. Aduk dengan sedikit mentega hingga mentega leleh. (msa/odi)
FOKUS BERITA Ayo Makan Sayuran

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com