Begini Cara Yang Benar Cuci Beras, Selada, hingga Ikan

Shara Azzhara - detikFood Selasa, 11 Jun 2019 11:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Mencuci bahan makanan tak sekadar menaruhnya di bawah aliran air bersih. Ada cara tepat mencuci beras, selada, buah dan sayur beku, hingga ikan.

Kebersihan adalah hal utama yang harus diperhatikan terkait makanan yang masuk ke tubuh. Tentu semua orang selalu membersihkan bahan makanannya terlebih dahulu sebelum diolah atau dimakan menggunakan air mengalir, tambahan baking soda atau air lemon dan cuka. Hal ini dilakukan untuk membuang kotoran, bakteri, dan sisa pestisida yang masih menempel.

Namun ternyata beberapa makanan membutuhkan teknik khusus dalam mencucinya. Berikut beberapa teknik mencuci makanan yang harus diperhatikan seperti dikutip dari Times of India (11/6).

Baca juga: Catat! Sebelum Dimasak, 6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci

1. Beras

Begini Cara Yang Benar Cuci Beras, Selada, hingga IkanFoto: iStock

Beras terutama yang bulirnya panjang, harus dibilas 3 sampai 4 kali sebelum dimasak. Anda perlu mencuci sisa pati yang menutupi buliran beras karena akan mempengaruhi hasil nasi ketika dimasak. Jika tidak dibersihkan, pati akan membuat nasi menggumpal dan tampak kurang menggugah selera.

2. Kol
Kol merupakan sumber nutrisi yang harus diperhatikan kebersihannya untuk mendapatkan manfaat maksimal. Jenis sayuran seperti kol, brokoli, kale dan bunga kol merupakan tempat cacing pita mencari makan. Karenanya sangat penting mencuci kol dengan hati-hati. Metode yang tepat adalah dengan membuang dua lembar terluar dari kol. Kemudian potonglah kol dan celupkan dalam air dengan tambahan cuka selama 2 menit. Terakhir bilas kol dengan air bersih.

3. Kerang dan tiram

Begini Cara Yang Benar Cuci Beras, Selada, hingga IkanFoto: iStock

Jenis seafood yang memiliki cangkang seperti kerang dan tiram sangat penting untuk dicuci dengan bersih. Meskipun Anda membeli kerang atau tiram dalam kemasan yang telah dibekukan, cucilah kembali dengan air bersih untuk menyingkirkan pasir dan serpihan yang menempel.

4. Selada
Mencuci selada memang terbilang mudah. Namun Anda tetap harus memperhatikan kebersihannya. Untuk menyingkirkan kotoran dan pasir yang menempel, kupas bagian daun selada di beberapa bagian, kemudian letakkan dalam air dingin selama beberapa menit. Setelah itu, tiriskan air dan letakkan selada dalam saringan agar mengering sempurna.

Baca juga: Sebelum Dimasak, Daging Ayam Perlu Dicuci atau Tidak?

5. Apel

Begini Cara Yang Benar Cuci Beras, Selada, hingga IkanFoto: iStock

Seperti kebanyakan buah lainnya, apel mengandung lapisan sintetis dan pestisida. Berbagai penelitian menunjukkan merendam apel di dalam larutan air dan baking soda selama 10 menit merupakan cara terampuh untuk meluruhkan zat kimia yang menempel.

6. Buah dan sayur beku
Buah dan sayur beku memang menjadi pilihan karena lebih praktis. Namun kebanyakan orang tidak mencucinya kembali karena sudah dalam kemasan. Faktanya, buah dan sayur beku harus dicuci dengan air bersih agar bakteri dan zat sisa pengawet dapat terbuang.

7. Ikan

Begini Cara Yang Benar Cuci Beras, Selada, hingga IkanFoto: iStock

Jika Anda akan mengonsumsinya dalam keadaan mentah seperti untuk sushi atau sashimi, maka Anda harus mencuci ikan hingga bersih. Jika tidak, ikan tidak perlu dicuci terlalu bersih karena suhu saat pemasakan akan membunuh bakteri. Hal ini karena penelitian menemukan bahwa membilas ikan dapat meningkatkan risiko tersebarnya bakteri ke area dapur Anda. Perlu diingat bahwa setelah mengolah ikan, Anda harus mencuci bersih tangan dan peralatan dapur yang digunakan.

8. Susu dan olahannya
Sangat direkomendasikan untuk mencuci kemasan susu, yogurt, dan produk olahan susu lainnya sebelum dibuka. Terntu hal ini diperlukan karena produk kemasan tersebut sudah melalui berbaagai proses pemindahan dan terkontaminasi bakteri.

Baca juga: Cuci Sayur dan Buah dengan 5 Cara Ini Agar Residu Pestisidanya Larut

(adr/adr)