Catat! Sebelum Dimasak, 6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Jul 2018 12:10 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Mencuci bahan makanan sebelum dimasak biasanya untuk menghilangkan kotoran. Tapi ternyata ada bahan makanan yang tidak boleh dicuci. Apa saja?

Hampir semua orang berpikir semua bahan makanan bisa dicuci sebelum dimasak. Tetapi ternyata ada beberapa bahan makanan seperti jamur, daging, unggas hingga telur yang justru tidak boleh dicuci.

Dilansir dari This Is Insider (23/7) berikut 6 makanan yang sebaiknya langsung dimasak.

1. Produk unggas dan ikan
Catat! Sebelum Dimasak, 6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci Foto: Istock
Hentikan kebiasaan mencuci produk unggas dan ikan sebelum memasaknya. Mencuci sumber protein ini dalam bak wastafel hanya akan
menyebarkan kontaminasi bakteri.

"Dengan mencuci ayam mentah di wastafel, Anda mungkin menyebarkan bakteri ke seluruh dapur, termasuk permukaan yang tadinya bersih. Percikkan air cucian ayam bisa menjadi sumber bakteri," kata Eric Sieden, direktur nutrisi dan layanan makanan untuk Glen Cove, Plainview, dan Rumah Sakit Syosset di New York.

Satu-satunya cara yang efektif untuk menyingkirkan bakteri pada ayam adalah dengan memasaknya. Ini berlaku juga untuk produk ikan mentah.

Baca juga : Jangan Asal Dicuci, Ini Cara Tepat Mencuci Buah dan Sayuran (2)

2. Daging merah
Catat! Sebelum Dimasak, 6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci Foto: Istock
Selain bisa menjadi sumber bakteri saat percikan air cucian daging mengenai perabot dapur, mencuci daging juga membuat daging menjadi lebih lembab.

"Kelembaban yang ditambahkan selama mencuci akan menciptakan uap yang juga akan mempengaruhi rasa," kata Sieden. Jadi jika Anda mencari tekstur yang sempurna pada daging, hindari mencucinya sebelum dimasak.

Namun jika Anda biasa mencuci daging iga sebelum dimasak, usahakan menempuk daging dengan tisu dapur hingga kering. Pastikan juga daging dicuci dengan benar agar percikannya tidak muncrat dan menjadi sumber bakteri.

3. Salad kemasan
Catat! Sebelum Dimasak, 6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci Foto: Istock
Jika Anda membeli salad dalam kemasan dengan logo prewashed, maka Anda tak perlu lagi mencucinya. Salad kemasan ini bisa langsung disiapkan untuk dikonsumsi.

Produsen sudah membersihkannya sebelum salad dikemas dan dijual di supermarket. Jadi Anda bisa menghemat air.

4. Jamur
Seperti daging, jamur sebenarnya bisa memiliki rasa dan tekstur yang berubah ketika dicuci. Jamur yang dicuci memang tidak menyebabkan bahaya maupun kontaminasi namun kembali lagi untuk menjaga kualitas tekstur dan rasanya.

Lantas bagaimana cara ideal membersihkan jamur? "Sebagian besar koki akan memberitahu Anda bahwa mereka tidak pernah merendam atau mencuci jamur untuk membersihkannya, tetapi bersihkan dengan tisu basah yang berfungsi menyerap air seperti spons," kata Sieden.

5. Telur
Catat! Sebelum Dimasak, 6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci Foto: Istock
Meskipun tidak terlalu umum, beberapa orang mempertimbangkan untuk mencuci telur sebelum menggunakannya. Banyak orang khawatir akan kebersihan telur, mengingat telur dihasilkan dari bokong ayam lalu jatuh dan ditempatkan di wadah yang tidak jelas kebersihannya.

Tapi di Amerika, standar untuk membersihkan telur terbilang cukup ketat. Semua telur yang dijual secara komersial dibersihkan dengan sabun dan air panas, sehingga sebagian besar cangkang telur sangat bersih. USDA mengatakan bahwa lapisan pelindung alami yang dikeluarkan dari telur dalam proses ini diganti dengan lapisan ringan minyak mineral, yang melindungi telur.

Tapi sayangnya standar ini belum berlaku di semua negara. Jadi agar yakin telur Anda bersih, boleh mencucinya dengan air mengalir.

Baca juga : Meskipun Sudah Dicuci Bersih, Sayuran dan Buah Belum Tentu Aman Dikonsumsi

6. Pasta
Catat! Sebelum Dimasak, 6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci Foto: Istock
Pasta yang habis direbus tidak harus dibilas dengan air. Pasta bisa langsung dimasak dengan saus pelengkapnya. Karena membilas pasta usai direbus hanya akan membuat teksturnya berubah.

Jadi usai direbus, pasta bisa langsung ditiriskan dan dicampur dengan bumbunya. Pasta yang dibilas juga akan merusak permukaannya sehigga lebih sulit menempel dengan bumbu. (dvs/odi)