Sebelum Dimasak, Daging Ayam Perlu Dicuci atau Tidak?

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 19 Mar 2019 08:41 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mencuci bahan makanan mentah sudah menjadi kebiasaan. Namun, apakah perlu mencuci daging ayam sebelum dimasak?

Kebiasaan orang di dapur berbeda-beda. Termasuk soal pendapat kebiasaan mencuci ayam. Menurut Anda mana yang lebih aman, dicuci sebelum dimasak atau tidak?

Seperti yang dikatakan oleh juru bicara A Food Standards Authority memberi tahu kepada metro.co.uk (14/03/2019): "Jangan mencuci daging mentah. Mencuci daging membuat bakteri pindah ke tangan, pakaian dan peralatan. Apabila langsung dimasak maka akan mematikan bakteri yang ada." Ayam mentah dapat membawa bakteri yang dapat mengakibatkan sakit perut, diare bahkan muntah sekitar 2-5 hari."

Sebelum Dimasak, Daging Ayam Perlu Dicuci atau Tidak?Foto: iStock

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri kalau mencuci ayam menjadi suatu budaya bagi banyak orang. Hal ini sangat lumrah dilakukan dalam rumah tangga di seluruh dunia.

Blogger dan juru masak Halima Khatun mengatakan kepada metro.co.uk: "Saya selalu mencuci ayam mentah seperti yang dilakukan keluarga saya. Mungkin budaya, karena semua orang Asia cenderung melakukannya, rasanya tidak bersih apabila tidak dicuci."

Ada lagi yang menyatakan, Abbas Kanani yang bekerja untuk Chemist Click yang suka memasak di rumah: "Saya khawatir itu akan menyebarkan bakteri karena saya tahu cara satu-satunya untuk menghilangkan bakteri dengan cara dimasak, tetapi saya tidak bisa memasak ayam tersebut apabila masih berlendir."

Baca juga: Ayam Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Ini Alasannya

"Saya menggunakan cuka karena saya pikir ini lebih bersih daripada air, tetapi sebenarnya saya sadar bahwa cuka pun tidak akan membunuh semua bakteri pada ayam." Aidan Mannion, kepala koki di Mill & Brew di Mill Hill, London Utara yang telah terpilih sebagai salah satu koki Inggris.

Dia memberi tahu kita bahwa dia tidak mencuci ayamnya karena air dapat mengurangi daya simpan daging ayam. Dia mengatakan kepada Metro.co.uk: "Walaupun di Inggris tidak mencuci ayam, itu merupakan budaya masyarakat Afro Karibia yang mencucinya dengan lemon, jeruk nipis atau cuka. Saya berdebat ini sepanjang waktu dengan teman-teman saya, tapi mungkin ada kesamaan juga.

Jika Anda ingin mencuci ayam, bisa menggunakan metode brining. Dimana dagingnya direndam dalam campuran air, garam, gula dan rempah-rempah. Tambahkan jus lemon dan cuka sehingga dapat membersihkan Anda sekaligus menambah rasa.

Sebelum Dimasak, Daging Ayam Perlu Dicuci atau Tidak?Foto: iStock

Chef Selebriti Norman Musa yang mengelola sebuah restoran di Den Haag dan pengajar masakan Malaysia memiliki pendapat yang berbeda dan menyarankan supaya berhati-hati. Dia mengatakan kepada Metro.co.uk: "Kami mencuci setiap bahan yang masuk ke dapur di restoran Wah Nam Hong di Den Haag. Karena kami ingin memastikan tidak ada kemungkinan kontaminasi silang di seluruh cabang restoran"

Meskipun ada tradisi di negara tertentu, termasuk Malaysia, untuk mencuci ayam sebelum memasaknya, saya tidak akan merekomandasikan ini kepada koki rumahan, karena risiko ditemukan serangga pada ayam yang belum dicuci. "Kami menggunakan area dapur terpisah untuk mencuci ayam kami dan menerapkan aturan kebersihan makanan yang ketat terkait daging mentah."

Jika Anda ingin mencuci ayam, sebaiknya mengingat tips dari Norman atau Aidan. Selain iitu bisa juga cuci ayam di area terpisah yang setelah itu dibersihkan dan dikeringkan dengan tisu dapur.

Baca juga: 'Chicken Sashimi' Makin Populer, Amankah Makan Sajian Daging Ayam Mentah Ini? (lus/odi)