Ayam Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Ini Alasannya

Devi Setya, Devi Setya - detikFood Selasa, 04 Sep 2018 18:30 WIB
Foto: Istimewa/iStock
Jakarta - Para ahli kesehatan makanan menyarankan untuk tidak mencuci ayam sebelum memasaknya. Hal ini berkaitan dengan kesehatan.

Dilansir dari Fox News (4/9) ayam termasuk bahan makanan yang paling banyak diolah. Tapi banyak perdebatan yang terjadi soal teknik mencuci ayam.

Baca juga : Agar Tak Tercemar Bakteri, Lakukan Langkah Ini Sebelum Mengolah Daging Ayam

Ayam Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Ini AlasannyaFoto: Istimewa/iStock

Para profesional bidang kesehatan dan keselamatan menyarankan untuk tidak mencuci ayam sebelum dimasak. Alasannya karena untuk meminimalisir penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang.

Kebanyakan orang berpikir kalau mencuci ayam bisa membersihkan kotoran padahal dalam ayam mentah banyak mengandung bakteri campylobacter dan salmonella. Bakteri ini tidak akan bisa dihilangkan dengan cara dicuci.

Menurut UK National Health Service, mencuci ayam mentah hanya akan membuat persebaran bakteri lebih luas. Air bekas cucian ayam dikhawatirkan akan terciprat ke wastafel, meja dan bahkan alat masak lainnya.

USDA menyatakan, satu-satunya cara mengusir bakteri pada ayam mentah adalah memasaknya dengan suhu yang tepat. Sebenarnya aturan ini juga berlaku untuk daging dan jenis ikan.

Bahkan koki profesional juga mengungkapkan pendapat soal hal ini. Julia Child adalah chef yang setuju mencuci ayam, sementara Ina Garten dengan tegas menolak mencuci ayam.

Ayam Tidak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak, Ini AlasannyaFoto: Istimewa/iStock

Baca juga : Catat! Sebelum Dimasak, 6 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dicuci

Jika Anda termasuk orang yang terbiasa mencuci ayam sebelum memasaknya, boleh tetap melakukannya asalkan ayam dicuci dengan benar. Seorang peneliti keamanan pangan dari Drexel University, Jennifer Quinlan, menyarankan setelah mencuci ayam, setidaknya harus dikeringkan dengan tisu dapur.

Pastikan juga untuk mencuci ayam secara perlahan agar tidak ada cipratan air mengandung bakteri yang akan tercemar. Setelah mencuci ayam, Anda juga harus mencuci tangan hingga benar-benar bersih sebelum memegang makanan ataupun alat dapur lainnya. (adr/odi)