Jangan Terkecoh! Minum 'Diet Soda' Juga Bisa Bikin Berat Badan Naik

Shara Azzhara - detikFood Rabu, 15 Mei 2019 10:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak orang menganggap minum diet soda tak akan bikin gendut. Padahal penelitian membuktikan minuman ini juga bisa bikin berat badan naik.

Mengonsumsi minuman dengan klaim rendah kalori ternyata juga bisa menaikkan berat badan Anda. Penelitian terbaru mengemukakan bahwa dengan minum soda rendah kalori berarti Anda telah mengonsumsi kalori tambahan yang tidak seharusnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Pediatric Obesity ini menunjukkan anak-anak dan remaja yang meminum 'Diet Coke' atau minuman serupa menambah asupan 200 kalori ekstra setiap harinya. Jumlah ini dibandingkan anak seusia yang tidak mengonsumsi diet soda.

Jangan Terkecoh! Minum 'Diet Soda' Juga Bisa Bikin Berat Badan NaikFoto: Istimewa

Fakta yang lebih mengejutkan lagi adalah temuan bahwa anak-anak dan remaja cenderung mengonsumsi diet soda dengan jumlah kalori yang sama dengan soda biasa.

Baca juga: Kata Ahli, Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum Soda Diet

Dr. Allison Sylvetsky, peneliti yang memimpin penelitian di Universitas George Washington, mengatakan "Hasil ini menantang kegunaan minuman diet atau minuman manis rendah kalori dalam hal mengurangi kalori dan manajemen berat badan. Penemuan kami menyarankan bahwa air lebih direkomendasikan sebagai pilihan terbaik bagi anak-anak dan remaja," seperti dikutip dari Fox 13 News (5/5).

Tim Universitas George washington telah meneliti hal ini selama bertahun-tahun. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak-anak dan orang dewasa mengonsumsi pemanis rendah kalori dalam berbagai makanan dan minuman yang berbeda, bukan hanya diet soda.

Jangan Terkecoh! Minum 'Diet Soda' Juga Bisa Bikin Berat Badan NaikFoto: Istimewa

Di tahun 2017, penelitian menemukan bahwa konsumsi pemanis-pemanis ini meningkat sebanyak 200 persen pada kelompok anak-anak dan remaja, dari tahun 1999 ke 2012. Namun, disamping popularitasnya, peneliti masih belum menemukan penyebab bagaimana pemanis buatan mempengaruhi total asupan kalori pada anak-anak.

Untuk melihat permasalahan secara mendalam, Sylvetsky dan timnya melihat catatan diet dari 7.025 anak-anak dan remaja yang terdaaftar di National Health and Nutrition Examination Survey, dari tahun 2011 hingga 2016.

Anak-anak dan remaja melaporkan apa saja yang mereka minum dalam periode 24 jam. Penelitian fokus pada anak-anak yang meminum soda dengan kandungan pemanis rendah kalori atau gula. Mereka menemukan para remaja yang meminum diet soda mengonsumsi kalori lebih dan juga menerima kalori tambahan dari gula dalam makanan dan minuman, dibandingkan mereka yang hanya meminum air.

Jangan Terkecoh! Minum 'Diet Soda' Juga Bisa Bikin Berat Badan NaikFoto: Istimewa

Baca juga: Suka Minum Soda Dingin? Coba Cek Dulu 5 Efek Buruk Konsumsi Soda Ini

Para peneliti juga mencatat hal berikut setelah menghitung berat badan:

- Anak-anak yang meminum diet soda mengonsumsi 196 kalori tambahan per hari.
- Anak-anak yang meminum soda bergula mengonsumsi 312 kalori tambahan per hari.
- Anak-anak yang meminum diet soda dan soda bergula mengonsumsi 450 kalori tambahan per hari, dibandingkan dengan yang hanya minum air.

Dr. Sylvetsky mengatakan bahwa penemuan ini sangat penting karena satu dari tiga anak-anak di Amerika Serikat memiliki kelebihan berat badan. Hal ini meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini tentu tidak berbeda dengan kondisi anak-anak dan remaja di seluruh dunia.

Baca juga: 7 Minuman Segar Menyehatkan Ini Cocok Dinikmati Saat Nobar

(adr/adr)