Kata Ahli, Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum Soda Diet

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 17 Sep 2018 18:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Jangan minum diet soda kalau ingin jaga berat badan ideal. Karena para peneliti justru menemukan efek yang membuat berat badan naik jika mengonsumsi diet soda.

Pemanis buatan biasa dijadikan perisa rasa manis dalam minuman soda berlabel rendah kalori alias diet soda. Ternyata penelitian terbaru menunjukkan adanya efek samping penggunaan pemanis buatan dalam minuman soda.

Minuman berkarbonasi berlabel diet pertama hadir pada tahun 1960-an. Warna, bentuk hingga rasanya sama seperti minuman berkarbonasi biasa.
Kata Ahli, Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum  Soda DietFoto: Thinkstock
Baca juga: Fakta Penting Diet Soda

Hanya saja diklaim rendah gula dan kalori. Dengan demikian, diet soda dinilai lebih sehat. Sebenarnya semua soda mengandung kalori. Ketika Anda melahap makanan manis, otak akan mengirim sinyal ke pankreas. Kemudian tubuh mulai memproduksi insulin. Insulinlah yang menyimpan gula di dalam sel dan mengubahnya menjadi energi.

Faktanya, begitu Anda meminum diet soda, tubuh akan menganggap pemanis buatan tadi sebagai gula biasa. Sayangnya, begitu sinyal itu ditangkap oleh pankreas, insulin tak dapat memproduksi apapun.

Karena hal ini, banyak penelitian yang mengungkap bahwa konsumsi diet soda bisa sebabkan sindrom metabolik. Dilansir This Is Insider (20/9), sindrom metabolik meliputi peningkatan tekanan darah, gula darah serta berat badan. Ujungnya ialah peningkatan risiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan stroke.
Kata Ahli, Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum  Soda DietFoto: iStock
Salah satu penelitian bahkan menyimpulkan bahwa orang yang kerap meminum diet soda memiliki risiko stroke dan demensia lebih tinggi dibanding orang biasa. Hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan pada 1979-1988.

Masalah lainnya ialah pemanis buatan dalam soda punya rasa manis yang lebih dibandingkan gula. Otak akan mengantisipasi asupan kalori begitu Anda meminumn diet soda. Hanya saja tubuh akan tetap merasa lapar.
Kata Ahli, Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Minum  Soda DietFoto: Getty Images
Secara tak langsung, Anda akan makan dengan porsi yang lebih banyak. Para peneliti memang menyimpulkan kalau efek meminum diet soda justru bisa meningkatkan nafsu makan. Hal ini sudah mereka teliti baik pada manusia, tikus maupun lalat.

Jadi, kalau alasan Anda meminum diet soda untuk menjaga bentuk tubuh ramping, Anda jelas keliru. Karena para peneliti sudah membuktikan kalau minum diet soda justru berdampak pada kenaikan berat badan.

Baca juga: Rutin Minum Diet Soda Beresiko Sindrom X (sob/odi)