Habis Minum Kopi Langsung Mulas? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Shara Azzhara - detikFood Selasa, 30 Apr 2019 07:07 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Banyak orang langsung merasa mulas usai minum kopi. Kondisi ini rupanya bisa dijelaskan secara ilmiah terkait reaksi usus.

Pernahkah Anda merasa sakit perut dan ingin ke toilet usai minum kopi di pagi hari? Keadaan ini ternyata banyak dialami peminum kopi lainnya. Banyak orang berpendapat bahwa kopi membuat mereka ingin buang air besar. Untuk menjawab gejala tersebut beberapa ahli memberikan penjelasan.

Kopi dapat merangsang proses pembuangan feses karena beberapa hal. Menurut Kelly Jones MS, RD, CSSD,LDN kepada Well and Good (29/4), kandungan kafein dalam kopi membuat otot usus berkontraksi. Hal ini mendorong kotoran dalam usus untuk turun.

Habis Minum Kopi Langsung Mulas? Ini Penjelasan IlmiahnyaFoto: iStock

Baca juga: Gaya Seru Menteri Susi dan Ridwan Kamil Saat Menyeruput Kopi

Selain itu, bukan hanya kafein yang berperan dalam menimbulkan rasa ingin buang air besar setelah minum kopi. "Kopi, baik yang biasa atau non-kafein, dapat menstimulasi gerakan usus besar distal (ujung bawah usus besar)," ujar Kate Scartala RDN, LDN,. Secara spesifik, asam klorogenik dan N-alkanoyl-5-hydroxytryptamides dalam kopi menstimulasi produksi asam lambung yang membantu menggerakan makanan melalui saluran pencernaan.

"Kopi menstimulasi pelepasan dua hormon, yaitu gastrin (di lambung) dan cholecystokinin (dari usus kecil). Gastrin meningkatkan gerakan kolon dan kolesistokinin melepaskan enzim empedu dan pencernaan, kemudian memulai proses pencernaan." Ujar Scarlata. Jika reaksi tersebut tidak berpengaruh terhadap pencernaan Anda, maka kopi hangat akan melebarkan pembuluh darah di saluran pencernaan untuk meningkatkan aliran darah dan aktivitas pencernaan.

Kopi dapat menjadi obat pencahar atau pencuci perut yang baik jika dikonsumsi pagi hari. Setelah makanan yang dimakan seharian dicerna selama malam hari, maka pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk mengeluarkan sisa makanan yang tidak dapat dicerna.

Habis Minum Kopi Langsung Mulas? Ini Penjelasan IlmiahnyaFoto: Istimewa

Baca juga: Yamalu: Ngopi Sambil Bersantai di Coffee Shop Tersembunyi

Efek ingin buang air besar setelah minnum kopi akan dirasakan berbeda setiap individunya. Bagi yang pencernaannya sensitif mungkin akan merasakan sakit perut setelah 5 menit. Sebagian lain mungkin baru merasakan efek kopi setelah satu jam atau lebih.

Setiap orang memiliki respons yang berbeda terhadap konsumsi kopi. Namun efek buang air besar ini dirasakan oleh sebagian besar orang. 30 persen orang merasakan efek ingin buang air besar setelah minum kopi. Hal ini lebih banyak dirasakan oleh wanita dari pada laki-laki. Sebabnya karena wanita lebih sensitif terhadap rasa nyeri pada perut.

Jika Anda memiliki alergi laktosa atau meminum kopi dengan tambahan pemanis, makan efek ini akan lebih terasa. Maka para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi kopi tanpa tambahan pemanis agar reaksi yang terhadap tubuh tidak menimbulkan diare.

Baca juga: Pengunjung LBF 2019 Cicipi 10 Kopi Asli Indonesia

(adr/adr)