Selain Teh Hijau, Ada Teh Kuning yang Aromatik dan Kaya Manfaat

Shara Azzhara - detikFood Kamis, 18 Apr 2019 10:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pencinta teh bisa mencicip varian teh kuning. Tak hanya rasanya yang enak mirip buah, teh kuning juga kaya khasiat.

Anda mungkin sudah familiar dengan teh hijau yang terbukti mengandung segudang manfaat. Ternyata masih ada jenis teh lain yang wajib Anda coba dan kenali yaitu teh kuning. Tidak setenar teh hijau, ternyata teh kuning juga memiliki khasiat luar biasa.

Berasal dari China, perlahan teh dengan nama lain hanzi ini mulai dikenal dan dikonsumsi di berbagai negara. Seduhan teh kuning memberikan sensasi rasa buah dan after-taste yang berbeda dari jenis lainnya. Teksturnya pun lembut dan mengeluarkan aroma yang memberikan efek relaksasi.

Selain Teh Hijau, Ada Teh Kuning yang Aromatik dan Kaya ManfaatFoto: iStock

Baca juga: Kurangi Lemak Perut Berlebih dengan Rutin Minum 5 Jenis Teh Ini

Warna kuning yang muncul saat penyeduhan teh ini berasal dari proses yang disebut dengan 'Sealed Yellowing'. Dalam prosesnya, polifenol teh dioksidasi terlebih dahulu untuk memunculkan warnanya. Kemudian proses dilanjutkan untuk menjaga warna dan aroma daun teh kering.

Meski memiliki khasiat yang mirip dengan teh hijau, teh kuning disebut lebih mudah diterima oleh pencernaan. Menurut ahli, ekstrak teh kuning mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak dengan lebih cepat.

Hal ini berkat kandungan polifenol dan ketekin di dalamnya. Selain itu, teh kuning juga baik bagi kesehatan hati. Sebuah penelitian menunjukan bahwa polifenol bukan hanya mencegah kerusakan hati namun juga membantu proses penyembuhan hepatitis.

Selain Teh Hijau, Ada Teh Kuning yang Aromatik dan Kaya ManfaatFoto: iStock

Baca juga : Mau Coba, Ngeteh Cantik dengan Kantung Teh Bentuk Katak Ini?

Bagi Anda yanng menginginkan perawatan kulit melalui makanan sehat, konsumsi teh kuning sangat disarankan. Nutrisi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu melawan dan memperlambat proses penuaan. Teh kuning disarankan untuk dikonsumsi satu jam sebelum makan. Bahkan, teh ini juga aman dikonsumsi rutin oleh ibu hamil selama tidak melebihi 200 mg sajian.

Untuk menikmatinya di rumah, Anda hanya perlu menyeduh 5 gram teh kuning dalam segelas air mendidih. Tunggulah selama 5 menit atau lebih sesuai kekentalan yang diinginkan. Yang perlu Anda ingat adalah perhatikan kualitas teh yang dibeli di pasaran karena tidak semua berkualitas baik.

Baca juga: Ini 10 Jenis Teh China yang Paling Populer di Dunia

(adr/adr)