6 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Konsentrasi dan Ingatan Lebih Tajam

Shara Azzhara - detikFood Senin, 15 Apr 2019 09:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Mengasup nutrisi untuk otak sering terlupakan, padahal hal ini sama pentingnya untuk kesehatan. Ada jamur hingga ikan yang punya manfaat sehat untuk otak.

Makan memang kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan. Asupan protein dan karbohidrat untuk menambah tenaga dalam beraktivitas, tentu selalu dipenuhi. Namun bagaimana dengan kebutuhan nutrisi bagi otak? Ternyata asupan makanan yang membantu kinerja otak juga perlu diperhatikan. Berikut 6 makanan yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

1. Jamur

6 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Konsentrasi dan Ingatan Lebih TajamFoto: Istimewa

Jamur sudah terbukti dapat mengurangi gangguan kognitif ringan atau mild cognitive impairment (MCI), dimana kondisi ini merupakan tahap penurunan kognitif yang terjadi selama penuaan dan demensia yang sebenarnya. Penelitian dari Journal of Alzhaimer's Disease menemukan bahwa mengonsumsi 300 gram atau lebih jamur per minggu selama 6 tahun dapat menurunkan risiko MCI sebanyak 57%. Riset ini melibatkan partisipan dari usia 60 tahun ke atas.

Baca juga: 'Ikan' Nabati hingga Makanan Otak Diprediksi Populer di 2019

2. Dark Chocolate

6 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Konsentrasi dan Ingatan Lebih TajamFoto: Istock

Kandungan Antioksidan dan Flavonoid dalam dark chocolate dikenal sebagai zat anti inflamasi, namun juga ternyata meningkatkan daya ingat. Menurut penelitian yang diterbitkan FASEB Journal, mengonsumsi dark chocolate dengan setidaknya 70% kandungan kakao akan meningkatkan frekuensi gamma dalam otak. Ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat setelah mengonsumsinya dan bertahan selama dua jam.

3. Blueberry

6 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Konsentrasi dan Ingatan Lebih TajamFoto: iStock

Blueberry memang kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun dan mambantu mengurangi inflamasi pada tubuh. Selain itu, studi dari Gerontology juga menemukan bahwa mengonsumsi blueberry dapat memperlambat penurunan kemampuan kognitif dan motorik yang terjadi karena penuaan.

Baca juga: Ternyata Otak Bisa Dimanipulasi Agar Menginginkan Makanan Sehat

4. Kopi

6 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Konsentrasi dan Ingatan Lebih TajamFoto: iStock

Bagi pencinta kopi, meminum secangkir kopi setiap hari memang sudah menjadi kebutuhan. Jika dikonsumsi secara rutin tanpa tambahan pemanis sebanyak 2 cangkir perhari, otak akan mendapatkan dorongan untuk memperkuat memori dan konsentrasi.

5. Ikan

6 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Konsentrasi dan Ingatan Lebih TajamFoto: Istock

Mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon dan cod sangat baik bagi kesehatan otak. Kandungan asam lemak omega-3 akan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. American Journal of Preventative Medicine juga menemukan bahwa konsumsi ikan panggang akan meningkatkan volume materi abu-abu lebih banyak di bagian otak yang berhubungan dengan ingatan dan kognisi sehingga menurunkan risiko penyakit.

6. Alpukat

6 Makanan Enak Ini Bisa Bikin Konsentrasi dan Ingatan Lebih TajamFoto: Istock

menurut penelitian dari Benefits of Natural Products for Neurodegenerative Diseases, alpukat mengandung antioksidan yang dapat melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif yang muncul dalam proses penuaan seperti Alzheimer dan Parkinson. Mendapatkan asupan lemak tunggal tak jenuh dari alpukat juga turut menjaga kesehatan aliran darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Makan Telur dan Sup Ikan Mujair Jadi Rahasia Otak Encer Hotman Paris

(lus/adr)