Slurpp! Minum Jus Jeruk Segar Tiap Hari Bisa Bikin Jantung Lebih Sehat

Shara Azzhara - detikFood Selasa, 26 Mar 2019 05:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Minum jus jeruk bukan hanya bisa bikin tenggorokan segar, tapi juga tubuh sehat. Peneliti mengaitkan khasiat minum jus jeruk dengan kesehatan jantung.

Selain terkenal dengan kandungan vitamin C-nya, jus berwarna oranye segar ini memiliki banyak kahasiat. Jus jeruk merupakan minuman yang mengandung nutrisi alami yang dapat melindungi pembuluh darah dari penyakit.

Menurut British Journal of Nutrition, mengonsumsi jus jeruk setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit stroke sebesar 25 persen. Dalam penelitian tersebut tercatat bahwa orang yang mengonsumsi jus jeruk murni setiap hari menunjukkan penurunan resiko penggumpalan darah pada otak sekitar 24 persen. Penelitian ini diuji pada 35.000 pria dan wanita dengan usia antara 20 hingga 70 tahun.

Slurpp! Minum Jus Jeruk Tiap Hari Bisa Bikin Jantung Lebih SehatFoto: iStock

Baca juga: Lengkapi Sarapan dengan Jus Jeruk dan Dapatkan 6 Manfaat Sehatnya

Bahkan risiko penyakit jantung juga dapat ditekan dengan rutin mengonsumsi jus jeruk. Karena kandungan dalam jus jeruk dapat mengurangi kerusakan arteri sebanyak 12 samppai 13 persen.

Meskipun memiliki khasiat yang baik, namun kandungan gula yang tinggi membuat jus agak dihindari. Faktanya, kandungan gula di dalam jus segar tidak sebesar kandungan manfaat yang dapat mengurangi stroke. Sehingga konsumsi jus tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga: Apa Benar Jus Jeruk Paling Ampuh Sembuhkan Flu?

Slurpp! Minum Jus Jeruk Tiap Hari Bisa Bikin Jantung Lebih SehatFoto: iStock

Peneliti dari Netherlands National Institute for Public Health mengemukakan bahwa bukan hanya jus jeruk yang baik untuk kesehatan, semua jus dengan buah murni memiliki khasiat tersendiri. "Kami menemukan hubungan yang menguntungkan dengan konsumsi jus buah murni," jelasnya.

Jus jeruk yang baik adalah jus dari 100 persen jeruk asli. Tanpa tambahan gula dan bukan jus jeruk kemasan. Meskipun begitu, mengonsumsi buah utuh tanpa diolah lebih disarankan karena lebih banyak penelitian yang mendukung khasiatnya.

Baca juga: Jus Jeruk Lebih Bernutrisi Dibandingkan Buah Jeruk Segar? (adr/odi)