Lengkapi Sarapan dengan Jus Jeruk dan Dapatkan 6 Manfaat Sehatnya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 21 Agu 2018 05:57 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain bisa sebagai penyegar dahaga, jus jeruk juga memiliki manfaat lainnya mulai dari turunkan berat badan hingga menyehatkan kulit.

Jus jeruk jadi minuman sarapan wajib orang Amerika. Juga segar sebagai pelepas dahaga. Buah berwarna oranye terang ini dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Rasanya asam dan manis banyak dijadikan minuman untuk menyegarkan tenggorokan.

Namun, tahukah Anda selain segar, jus jeruk juga memiliki beragam manfaat sehat. Dilansir dari Food NDTV (17/08) berikut 6 manfaat dari mengkonsumsi jus jeruk. Jus jeruk yang diperas segar tanpa tambahn gula atau madu.

Baca juga : Ini 6 Hal Menarik Soal Buah Jeruk yang Perlu Anda Ketahui

Lengkapi Sarapan dengan Jus Jeruk dan Dapatkan 6 Manfaat Sehatnya Foto: iStock

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kalau tubuh terserang virus, Anda wajib konsumsi jus jeruk. Vitamin C yang terkandung dalam buah ini sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan konsumsi jus jeruk setiap hari Anda akan terlindung dari penyakit seperti flu dan peradangan lainnya.

2. Menyehatkan kulit
Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan semua orang. Untuk itu, Anda harus rajin minum jus jeruk setiap hari. Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam jeruk dipercaya bisa mengatasi serangan dari radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, keriput dan cepat mengalami penuaan. Vitamin C yang terkandung di dalamnya akan membuat kulitsehat dan bercahaya.

Lengkapi Sarapan dengan Jus Jeruk dan Dapatkan 6 Manfaat Sehatnya Foto: iStock

3. Menurunkan badan
Minum jus jeruk adalah salah satu tips untuk menurunkan berat badan, karena jus jeruk rendah kalori dan tidak mengandung lemak sedikit pun. Ahli nutrisi menyarankan untuk tambahkan1 buah jeruk utuh ke dalam jus. Satu jeruk utuh bisa mempertahankan serat dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu banyak makan.

4. Menguatkan tulang
Siapa sangka jeruk juga mengandung kalsium yang bisa menyehatkan tulang? Bukan hanya vitamin C, ternyata jeruk juga mengandung flavonoid seperti naringenin dan hesperidin yang keduanya memiliki sifat anti inflamasi. Selain itu juga dipercaya bisa membantu untuk meredakan nyeri artistris atau peradangan sendi pada tulang.

Lengkapi Sarapan dengan Jus Jeruk dan Dapatkan 6 Manfaat Sehatnya Foto: Thinkstock

5. Mengobati penyakit batu ginjal
Penyakit separah batu ginjal bisa diatasi dengan buah jeruk. Menurut buku Healing Foods yang diterbitkan oleh DK, buah jeruk juga memiliki konsentrasi sitrat yang sangat tinggi. Dengan minum jus jeruk akan dapat menghancurkan pembentukan batu kalsium oksalat dan mendorong timbulnya rasa sakit akibat batu ginjal.

6. Kesehatan jantung
Jus jeruk juga berperan dalam kesehatan jantung. Ternyata buah yang mudah ditemui ini mengandung hesperidin. Hesperidin berfungsi untuk mengurangi gejala hipertensi. Senyawa pectin atau serat dan liminoid yang ditemukan dalam buah ini dipercaya bisa memperlambat pengerasan arteri dan juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Baca juga : Apa benar Jus Jeruk Paling Ampuh Sembuhkan Flu?


(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com