Kalau Mau Panjang Umur, Coba Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini

Shara Azzhara - detikFood Jumat, 22 Mar 2019 19:40 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Berumur panjang dan sehat tentu jadi impian semua orang. Hal ini bisa terwujud dengan rutin mengonsumsi makanan sehat.

Kandungan dalam makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kesehatan. Semakin sehat makanan. maka semakin banyak manfaat yang bisa diperoleh tubuh.

Untuk menerima nutrisi yang maksimal, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang dapat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang usia.

Seperti dilansir dari Prevention (18/3), Penulis buku "Eating in Color" Frances Largeman-Roth menjelaskan bahwa buah dan sayur mengandung zat yang mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, beberapa jenis kanker, diabetes, obesitas dan beberapa penyakit lain.

Kalau Mau Panjang Umur, Coba Rutin Konsumsi 10 Makanan IniFoto: Getty Images

Itulah sebabnya pakar kesehatan selalu menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara rutin. Namun, buah dan sayur bukan satu-satunya makanan yang dapat memberikan nutrisi baik. Berikut 10 makanan yang dapat memaksimalkan kesehatan dan memperpanjang usia menurut ahli gizi.

Baca juga: Ini 10 Infused Water Buah dan Sayur yang Kaya Manfaat

1. Telur
Meskipun mengandung kolestrol yang tinggi, penelitian membuktikan bahwa hal ini tidak berpengaruh besar pada kolestrol darah. Jurnal kesehatan American Collage of Nutrition mengemukanan bahwa mengonsumsi 7 butir telur dalam seminggu dapat mengurangi risiko stroke hingga 12%.

Kalau Mau Panjang Umur, Coba Rutin Konsumsi 10 Makanan IniFoto: iStock

2. Minyak zaitun murni
Minyak zaitun murni umum digunakan pada masakan karena kelezatannya yang alami tanpa mengubah cita rasa hidangan. Minyak zaitun terbukti mampu meredakan inflamasi, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kinerja insulin dalam tubuh. Kegunaannya pun beragam, mulai dari menumis hingga sebagai saus salad.

3. Ubi
Masyarakat Okinawa, Jepang dikenal dengan umurnya yang panjang dan tubuh yang bugar. Rahasianya adalah rutin mengonsumsi ubi yang mengandung vitamin A, protein, dan serat. Makanlah ubi setidaknya tiga atau lima kali dalam seminggu.

4. Makanan fermentasi
Makanan yang difermentasi mengandung bakteri daan mikroorganisme yang baik bagi tubuh. Makanan ini berguna untuk menghindari obesitas, infeksi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Kimchi, asinan, yogurt dan keju dapat menjadi pilihan makanan fermentasi.

Kalau Mau Panjang Umur, Coba Rutin Konsumsi 10 Makanan IniFoto: Istock

5. Bawang
Bawang putih, bawang merah, bawang bombay hingga daun bawang mengandung organusulfur, yang membantu proses detoksifikasi. Zat beracun dalam tubuh dapat lebih mudah dikeluarkan dengan mengonsumsi bawang.

6. Kopi
Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang diwaspadai. Namun jika dikonsumsi secara benar, kopi dapat memberikan pengaruh baik bagi tubuh. Sejumlah penelitian menyebut bahwa kopi dapa mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, demensia, penyakit hati, dan bahkan diabetes. Kopi direkomendasikan untuk diminum dengan tambahan gula atau krim yang tidak berlebihan.

Baca juga: Kabar Baik! Rutin Minum Kopi Bisa Bikin Umur Lebih Panjang

Kalau Mau Panjang Umur, Coba Rutin Konsumsi 10 Makanan IniFoto: iStock

7. Alpukat
Tekstur creamy dan rasa dari buah alpukat banyak disukai oleh pencinta kuliner. Buah hijau ini mengandung mineral, vitamin C, K, B, E dan A, potasium, serta serat dan lemak baik. Kandungan ini berguna untuk menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh.

8. Kakao
Makanan dan minuman olahan cokelat sungguh digemari masyarakat Indonesia. cokelat merupakan sumber magnesium yang baik untuk mendukung sistem imun tubuh dan meningkatkan zat besi.

9. Kunyit
Bumbu dapur dengan warna kuning pekat ini menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk mengurangi risiko serangan jantung, alzheimer, dan kanker. Tambahkan kunyit pada makanan atau smoothies anda untuk mendapatkan manfaatnya.

Kalau Mau Panjang Umur, Coba Rutin Konsumsi 10 Makanan IniFoto: Istock

10. Minyak kelapa
Jika dikonsumsi dengan takaran yang pas, sekitar satu atau dua sendok makan sehari, minyak kelapa akan berpengaruh baik bagi kesehatan jantung. Lemak tidak jenuh pada minyak kelapa berbeda dengan lemak yang diperoleh dari hewan yang menjadikannya lebih sehat. Kandungan vitamin E didalamnya juga berguna untuk melembabkan kulit secara alami.

Baca juga: Benarkah Minyak Kelapa Kaya Manfaat dan Makanan Mentah Paling Bernutrisi?

(adr/odi)