Tak Hanya Bikin Makanan Lezat, 5 Rempah Ini Berkhasiat Turunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 23 Feb 2019 07:04 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selain berolahraga, rempah-rempah ini juga bisa menunjang turunnya berat badan. Rempah-rempah ini bisa dinikmati dengan minuman. Langsing dan sehat!

Rempah-rempah ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa rempah mengandung sifat antioksidan dan anti inflamasi serta ada juga yang bisa menunjang penurunan berat badan. Rempah-rempah ini tidak mengandung kalori, natrium atau pun gula.

Dikutip dalam Times of India (20/02), berikut ini beberapa rempah yang berkhasiat untuk turunkan berat badan.

Baca juga: Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak Ini

1. Lada hitam

Tak Hanya Bikin Makanan Lezat, 5 Rempah Ini Berkhasiat Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Seorang ilmuwan Korea, Soo-Jong Um yang melakukan penelitian itu menemukan bahwa salah satu kandungan lada hitam yakni piperin bisa membantu pembakaran lemak. Tidak cuma itu, piperin juga bisa mencegah pembentukan jaringan lemak baru sehingga bagus untuk turunkan berat badan.

Lada hitam bisa ditambahkan dengan beberapa makanan.

2. Kayu manis

Tak Hanya Bikin Makanan Lezat, 5 Rempah Ini Berkhasiat Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde. Cinnamaldehyde merupakan senyawa organik yang memberikan rasa dan aroma pada kayu manis. Ini dimanfaatkan untuk membuat beberapa produk seperti minyak kayu manis, permen karet, es krim, permen, minuman hingga parfum. Selain itu, Cinnamaldehyde juga digunakan sebagai fungisida dan insektisida alami.

Beberapa ilmuwan mengatakan kayu manis memiliki kemampuan dalam proses pembakaran lemak. Bubuk kayu manis tidak hanya membantu mengurangi nafsu makan tetapi juga mengurangi rasa lapar. Taburkan sedikit kayu manis dalam oatmeal atau yogurt untuk membantu turunkan berat badan.

3. Kunyit

Tak Hanya Bikin Makanan Lezat, 5 Rempah Ini Berkhasiat Turunkan Berat BadanFoto: Istock

Rempah berwarna oranye kekuningan ini bersifat melunturkan lemak untuk membantu menurunkan berat badan. Di dalam tubuh, kunyit akan bekerja untuk mengurangi pembentukan jaringan lemak, sehingga menurunkan lemak total dan mencegah kenaikan berat badan.

4. Klabet

Tak Hanya Bikin Makanan Lezat, 5 Rempah Ini Berkhasiat Turunkan Berat BadanFoto: Istimewa

Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa fenugreek dapat mengendalikan nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk makan. Konsumsi 8 gram klabet bisa membantu tingkatkan rasa kenyang dan juga mengontrol asupan serat harian.

5. Jahe

Tak Hanya Bikin Makanan Lezat, 5 Rempah Ini Berkhasiat Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Jahe dikenal karena sifat mempromosikan kesehatan, termasuk sifat anti inflamasi dan meningkatkan sistem pencernaan. Dr Shikha Sharma dalam bukunya '101 Weight Loss Tips' menuliskan bahwa mengonsumsi jahe di pagi hari sangat baik untuk mengurangi retensi air dan membantu tingkatkan kesehatan pencernaan.

Jahe memiliki efek termogenik yang menjaga metabolisme tetap kuat dan mempercepat pembakaran lemak. Anda bisa mencampurkan jahe dengan teh dan lemon agar rasanya semakin enak.

Untuk membuat teh lemon jahe di rumah Anda membutuhkan dua sendok teh jus lemon, setengah cangkir jahe parut dan satu sendok teh madu. Campurkan semuanya dan simpan dalam lemari es semalaman. Pagi harinya bisa dicampurkan dengan satu sendok teh campuran teh kental dengan secangkir air panas. Anda dapat mengonsumsinya di pagi hari dalam keadaan perut yang kosong.

Baca juga: Lebih Cepat Turun Berat Badan Kalau Sarapan Makanan Ini (lus/lus)