Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Des 2018 09:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kunci menurunkan berat badan adalah dengan mengasup makanan yang tepat. Makanan tinggi serat dan air bisa jadi pilihan.

Ahli gizi, Dr. Luize Petre mengatakan, "Kunci penurunan berat badan yang berkelanjutan adalah dengan meningkatkan metabolisme dan menggabungkan makanan yang tepat." Dikutip dari Prevention (1/12), makanan yang dimaksud adalah makanan-makanan tinggi serat dan air, serta secara alami rendah kalori. Berikut jenis makanan yang perlu rutin Anda konsumsi kalau ingin menurunkan angka timbangan.

1. Protein tanpa lemak

Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: iStock

Konsumsi protein bukan hanya berfungsi menumbuhkan dan memperbaiki fungsi otot, tapi juga menyediakan bahan bakar untuk membakar lemak. "Anda sebenarnya membakar lebih banyak kalori saat memproses protein dibanding karbohidrat dan lemak," ujar Dr. Petre.

Protein juga mencegah seseorang makan lebih banyak karena sifatnya melambatkan pencernaan dan mengurangi keinginan ngemil berlebih. "Seiring waktu, kalori yang disimpan sama dengan penurunan berat badan," lanjut Dr. Petre. Jenis protein tanpa lemak bisa didapat dari salmon, dada ayam, dan daging sapi tanpa lemak.

2. Cokelat

Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: iStock

Sering disebut makanan enak, cokelat sebenarnya bagus untuk menurunkan berat badan. Ahli gizi Laura Cipullo menjelaskan cokelat bisa membantu pertahankan pola diet tetap di jalurnya. Ini karena cokelat mencegah keinginan makan berlebih.

"Dalam upaya berubah jadi sehat dengan gaya hidup baru, mulailah dengan makanan yang Anda suka seperti dark chocolate atau bahkan milk chocolate," ujar Laura. Menurutnya cokelat tinggi antioksidan dan merupakan sumber lemak mengenyangkan. "Anda perlu lemak dalam diet Anda untuk merasa kenyang, sehingga tak usah merasa bersalah makan cokelat saat diet," tambah Laura.

3. Jamur

Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: iStock

Kenyal gurih jamur ternyata juga bagus untuk menurunkan berat badan. Laura mencatat jamur kancing mengandung asam glutamat yaitu senyawa yang rasanya mirip garam.

Nah, dari pada mengonsumsi makanan olahan yang gurih seperti keripik kentang atau kacang kemasan, ganti saja dengan jamur untuk pelengkap hidangan favorit. Sandwich atau burger, misalnya, makin enak dengan tambahan jamur. Begitu juga dengan aneka olahan tumis sayuran dan telur.

4. Pasta gandum

Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: iStock

Banyak orang merasa tak sanggup saat harus memangkas konsumsi pasta ketika diet. Sebenarnya Anda tetap bisa makan pasta, tapi pilih yang berbahan gandum. Selain bisa memasukan keinginan makan karbohidrat, pasta gandum juga jadi bahan bakar untuk otak dan otot.

"Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk otak dan bahkan otot. Adanya karbohidrat yang disimpan di otot penting untuk membuat Anda tetap berenergi di sela waktu makan. Jangan takut makan karbohidrat, carilah cara untuk mengasup karbohidrat dalam jumlah secukupnya," kata Laura.

5. Apel

Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: iStock

Ungkapan makan apel setiap hari agar tetap sehat ternyata juga berlaku kalau seseorang ingin turunkan berat badan. Laura menjelaskan apel adalah sumber pectin yang baik. "Pectin pada apel benar-benar mengenyangkan dan menggigit renyahnya apel memunculkan kepuasan psikologis," lanjut Laura.

Baginya apel bisa menggantikan kebiasaan ngemil keripik kentang yang tak sehat. Laura menyarankan pilih apel organik yang bebas pestisida dan disajikan segar tanpa melalui proses penyimpanan yang lama.

6. Bayam

Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: iStock

Ahli gizi Liza Mikus juga merekomendasikan bayam sebagai makanan penurunan berat badan. Sayuran hijau ini mengandung folat dan serat yang bagus untuk dikonsumsi.

"Bayam mengandung banyak air sehingga kandungan kalorinya rendah secara keseluruhan namun nutrisinya tinggi," jelas Liza. Bayam enak dijadikan campuran salad, ditumis, dibuat smoothies, atau diolah jadi sayur bening.

7. Air

Turun Berat Badan Lebih Cepat dengan Konsumsi 7 Makanan Enak IniFoto: iStock

Yang tak boleh dilewatkan adalah air. Meski bukan makanan, air sangat penting bagi kesehatan. Air bisa memaksimalkan penurunan berat badan. "Air hangat bagus untuk menstimulasi saluran pencernaan, bantu cegah sembelit dan memenuhi fiksasi lisan Anda di malam hari," kata Laura.

Seseorang disarankan meminum segelas air hangat saat tergoda makan malam. Bisa ditambahkan perasan jeruk agar ketika diminum memunculkan sensasi rileks sekaligus memendam keinginan makan. (lus/odi)