Celana Jeans Sudah Tak Muat? Yuk Langsingkan Pinggang dengan 5 Makanan Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 21 Jan 2019 19:32 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Indikator tubuh mulai menggemuk adalah dengan tidak muat lagi celana jeans saat ingin dipakai. Agar tetap langsing, 5 makanan ini bisa dicoba.

Duduk di sofa dan menonton berjam-jam sambil ngemil. Kalau kebiasaan ini dilakukan terus menurus tak heran kalau ukuran lingkar pinggul dan paha bertambah. Perut pun juga bisa sedikit maju.

Bekerja di belakang meja sepanjang hari juga bisa meningkatkan berat badan. Ini tentu sangat mudah terjadi kalau tidak diimbangi dengan olahraga. Kombinasi antara olahraga dan konsumsi makanan dan minuman sehat bisa mengoptimalkan penurunan berat badan.

Dikutip dalam NDTV (19/01) berikut ini beberapa bahan makanan yang bisa menunjang kesehatan tubuh dan kecilkan lingkar pinggang.

Baca juga: Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Bikin Tubuh Lebih Langsing di Tahun 2018

1. Teh kunyit

Celana Jeans Sudah Tak Muat? Yuk Langsingkan Pinggang dengan 5 Makanan IniFoto: iStock

Turmeric tea atau teh kunyit adalah salah satu bentuk konsumsi minuman yang populer. Minuman ini berperan dalam mengendalikan gula darah yang tinggi dan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, minuman racikan ini juga dapat memerangi peradangan, mengatasi masalah kesehatan dan penurunan berat badan yang dapat diatasi dengan konsumsi teh kunyit setiap hari.

Rempah berwarna oranye kekuningan ini memiliki sifat melunturkan lemak untuk membantu menurunkan berat badan. Di dalam tubuh, kunyit akan bekerja untuk mengurangi pembentukan jaringan lemak sehingga menurunkan lemak total dan mencegah kenaikan berat badan.

2. Kopi hijau

Celana Jeans Sudah Tak Muat? Yuk Langsingkan Pinggang dengan 5 Makanan IniFoto: iStock

Kopi hijau atau green coffee adalah jenis kopu yang belum dipanggang. Kopi hijau mengandung senyawa asam klorogenat yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan berat badan. Ini dianggap sebagai detoxifier alami, membersihkan hati dan menghilang lemak yang tidak perlu, sehingga membuat kita bugar dan sehat. Selain bersifat detoksifikasi, kopi hijau juga dapat menurunkan peradangan.

3. Air detoks

Celana Jeans Sudah Tak Muat? Yuk Langsingkan Pinggang dengan 5 Makanan IniFoto: iStock

Jika Anda ingin menurunkan berat badan maka minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Air putih dapat membantu tubuh terdetoks secara alami dan membuat badan terhidrasi dengan baik. Air putih yang mengandung nol kalori ini sering disebut dengan 'air detoksifikasi' yang telah menjadi tren di dunia. Bukan hanya digunakan untuk menurunkan berat badan akan tetapi juga dapat menekan rasa lapar.

Air detoks juga dapat membantu dalam membuang racun keluar dari tubuh sehingga sel-sel kulit dapat diperbaharui dan meremajakan sel. Kalau bosan dengan air putih bisa juga ditambah dengan beberapa potongan buah segar.

Baca juga: Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara Ini

4. Chia dan quinoa

Celana Jeans Sudah Tak Muat? Yuk Langsingkan Pinggang dengan 5 Makanan IniFoto: iStock

Anda mungkin bisa menikmati puding dan smoothie dengan campuran chia. Biji chia ini sering disebut dengan super food. Selain bisa menjaga agar tubuh tetap sehat. Biji ini juga sarat dengan nutrisi dan antioksidan serta kalori yang rendah. Biji chia yang tinggi serat dan protein sering direkomendasikan kepada orang untuk menurunkan berat badan dan menjaga pencernaan agar tetap optimal.

Biji chia juga mengandung asam lemak omega 3, sehingga sangat baik untuk diet penurunan berat badan serta meningkatkan kesehatan jantung.

Sedangkan quinoa merupakan makanan tinggi protein yang populer dan bebas gluten. Quinoa mengandung vitamin dan zat besi serta terbukti dapatb membantu menjaga berat badan.

Quinoa memiliki indeks glikemiks rendah yang dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Sehingga banyak orang yang menyarankan konsumsi quinoa saat berdiet.

5. Air kelapa

Celana Jeans Sudah Tak Muat? Yuk Langsingkan Pinggang dengan 5 Makanan IniFoto: iStock

Air kelapa adalah salah satu minuman segar dan menyehatkan saat musim panas. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan rutin mengonsumsi air kelapa, ini akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Satu cangkir air kelapa hanya mengandung 45 kalori, 0 gram lemak, 10 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Selain itu, secangkir air kelapa juga mengandung 2,6 gram serat yang dapat membantu mengontrol rasa lapar.

Baca juga: Mau Cepat Langsing? Coba Santap Makanan Terakhir Jam 2 Siang (lus/adr)