Mau Cepat Langsing? Coba Santap Makanan Terakhir Jam 2 Siang

Devi Setya - detikFood Jumat, 19 Okt 2018 18:24 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Waktu makan paling ideal menurut ahli gizi adalah antara pukul 8 pagi hingga 2 siang. Kalau mau cepat langsing, santap makanan terakhir pukul 2 siang.

Dilansir dari Food Ndtv (19/10) metabolisme tubuh akan bekerja maksimal hanya dalam periode 6 jam saja. Ini berlaku mulai jam 8 pagi hingga 2 siang. Pola makan seperti ini dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan cepat.
Mau Cepat Langsing? Coba Santap Makanan Terakhir Jam 2 SiangFoto: Istock
Baca juga : Makan Malam Lebih Awal Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Selama periode makan 6 jam tersebut, orang bisa menyantap apapun sebagai makanan, tidak terbatas porsinya. Namun ketika lewat dari jam 2 siang maka tak boleh ada asupan makanan berat lagi.

Pola makan ini dikenal dengan sebutan diet puasa intermiten atau membatasi jam makan. Secara teori, pola makan ini terbilang mudah dan sederhana, Anda hanyaa perlu makan mulai pagi hingga siang, termasuk jatah makan malam yang juga disantap saat masih siang.

Diet seperti ini mengubah pola asupan kalori yang dimakan menjadi menjadi jangka waktu makan. Di awal program, mungkin cara seperti ini akan menyulitkan para pelaku diet.
Mau Cepat Langsing? Coba Santap Makanan Terakhir Jam 2 SiangFoto: Istock
Orang seperti diburu-buru menyantap makanan dalam tempo 6 jam lalu setelahnya diharuskan menahan lapar hingga esok pagi. Namun cara seperti ini dipercaya bisa menekan nafsu makan dan berpotensi melunturkan lemak secara akurat.

Tren pola makan seperti ini mulai populer pada tahun 2016. Tim peneliti dari Pennington Biomedical Research Centre di Lousiana mengklaim jika pola diet ini juga memberikan banyak manfaat. Disamping melunturkan lemak, pola seperti ini juga membuat orang disiplin untuk tidak menyantap banyak makanan.

Sementara di tahun 2017, tim peneliti dari University of Alabama membuktikan pola makan ini termasuk yang paling efektif dalam menurunkan berat badan. Ada 11 peserta pria dan wanita yang diteliti menjalani pola ini selama empat hari. Peserta bahkan dipersilahkan makan menu sarapan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya.
Mau Cepat Langsing? Coba Santap Makanan Terakhir Jam 2 SiangFoto: shutterstock
Baca juga : Mau Tubuh Cepat Langsing? Ikuti 5 Aturan Waktu Makan Ini!

Setelah diteliti, para peserta ini mengalami penurunan berat badan. Lemak dalam tubuh berkurang namun otot tetap terjaga.

Tapi para ahli tidak menyarankan untuk mengikuti diet seperti ini dalam jangka waktu panjang. Karena orang pastilah tidak akan kuat menahan nafsu dan keinginan untuk menyantap makanan saat sore atau malam.

Jadi kalau mau menjalani pola makan seperti ini sebaiknya dilakukan secara berselang. Lagipula kondisi dan aktivitas seseorang pasti berbeda, kalau memiliki banyak aktivitas saat malam sebaiknya menghindari pola diet seperti ini. (dvs/odi)