Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 09 Apr 2018 11:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Memiliki tubuh langsing ternyata tak selalu harus berdiet ketat. Cukup atur pola makan, berat badan pun bisa terjaga. Mau tahu bagaimana caranya?

Berdiet ketat biasanya membuat Anda harus menahan diri dan akhirnya merasa kelaparan. Rasa lapar yang berlebihan dapat membuat Anda stres, depresi dan masalah emosional lainnya yang dapat menyebabkan lingkungan hormonal yang tidak baik.

Karena itu diperlukan pendekatan holistik yang melihat lingkungan hormonal psikologis dan emosional Anda. Misalnya sebanyak apa Anda harus makan dan kapan waktunya makan.

Dikutip dalam Boldsky (06/04), berikut ini beberapa cara untuk menurunkan berat badan tanpa berdiet.

Baca juga: Tak Bikin Gemuk, Pasta Justru Dapat Turunkan Berat Badan

1. Stop minuman manis

Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara IniFoto: Thinkstock

Minuman bersoda dengan sensasi rasa manis akan membuat penambahan berat badan. Karena minuman ini mengandung gula dan kalori tinggi. Jika Anda berencana menurunkan berat badan, sebaiknya jauhi minuman bersoda atau minuman manis seperti es teh manis.

Daripada menikmati minuman manis, sebaiknya nikmati saja infused water dengan isian lemon atau minum teh hijau untuk menjaga berat badan.

Minuman terbaik untuk dikonsumsi sehari-hari adalah air putih. Air sangat penting untuk tubuh, karena menjaga tubuh menyingkirkan racun dari tubuh. Sangat penting untuk setiap harinya untuk Anda menikmati 6-8 gelas air per hari untuk membantu menyingkirkan racun dari tubuh. Air putih membantu mengatur metabolisme sehingga berat badan bisa lebih terkontrol.

2. Jangan menghindari sarapan

Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara IniFoto: iStock

Sarapan menjadi waktu awal menikmati makanan. Jika Anda tidak sarapan, ini akan menyebabkan tingkat metabolisme yang lambat, ini mengarah pada proses pencernaan yang lambat. Proses pencernaan yang lambat akan mengubah makanan yang tidak tercerna sempurna menjadi lemak. Jadi, disarankan untuk sarapan sebelum pukul 9 pagi, untuk membantu turunkan berat badan.

Sarapan juga bisa berkontribusi terhadap keefektifan kerja. Pastikan Anda sarapan dengan makanan yang sehat serta tambahkan buah atau susu.

3. Perbanyak buah dan sayur

Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara IniFoto: iStock

Konsumsi buah utuh disarankan sebanyak mungkin. Hal ini dikarenakan, buah-buahan mengandung sejumlah air di dalamnya yang tak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga menyediakan nutrisi bagi tubuh. Anda dapat memilih buah-buahan seperti jeruk, semangka, apel, jambu biji hingga tomat. Agar hasilnya lebih efektif sebaiknya konsumsi buah utuh setiap hari.

Sebelum mulai memakan, sebaiknya isi piring Anda dengan salad. Salad segar dapat membantu menjaga kesehatan dan mengurangi makan berlebihan. Hindari menambahkan saus salad krim, keju atau dressing yang tinggi lemak.

4. Konsumsi protein

Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara IniFoto: iStock

Protein memiliki efek yang kuat dalam menekan nafsu makan. Selain bisa meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar, konsumsi protein juga dapat membantu Anda mengasup sedikit kalori. Itu karena protein mempengaruhi beberapa hormoon yang berperan dalam rasa lapar dan rasa kenyang. Mulailah memasukkan lebih banyak protein dalam makanan Anda selama sarapan, makan siang dan makan malam. Tetapi hindari makan terlalu banyak protein agar kerja ginjal tak terlalu berat.

Biji-bijian utuh juga masuk dalam kategori protein untuk jangka waktu yang lebih lama. Biji-bijian seperti oat, quinoa, jagung dan gandum mengandung serat yang tinngi. Selain itu, biji-bijian juga mengandung antioksidan dan mineral seperti zinc, tembaga, magnesium dan zat besi.

5. Kunyah perlahan

Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara IniFoto: iStock

Penelitian telah menunjukkan bahwa saat Anda menghabiskan makanan dengan mengunyah secara perlahan, Anda cenderung mengonsumsi sedikit kalori. Mnegunyah makanan perlahan dapat mencegah Anda makan berlebihan karena memberi waktu ekstra kepada otak untuk menerima sinyal dari perut. Mengunyah makanan perlahan-lahan memfasilitasi pencernaan yang tepat dan membatasi ukuran porsi Anda.

6. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara IniFoto: iStock

Setiap makanan yang dimakan harus mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang sehat. Trik sederhananya adalah dengan menyeimbangkan antara kelompok makanan sehingga tubuh Anda mampu mengolahnya dengan benar. Ini dapat membantu dalam menyediakan energi, membuang racun dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Pastikan serat juga jangan sampai terlewat. Sehingga disarankan setiap hari perlu konsumsi buah dan sayur.

Baca juga: Jika Ingin Cepat Turun Berat Badan, Seringlah Konsumsi 7 Makanan Ini (lus/odi)