Gara-gara Asupan 5 Bahan Makanan dan Minuman Ini, Diet Bisa Gagal Total

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 14 Nov 2018 16:45 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sudah mengatur pola makan dan berolahraga tetapi berat badan tak kunjung turun. Bisa jadi Anda mengasup makanan dan minuman ini yang selama ini dianggap menyehatkan.

Banyak makanan dan minuman yang justru mengandung lemak, gula atau garam tersembunyi yang semuanya dapat menggagalkan penurunan berat badan. Penurunan berat badan sebagian besar dipengaruhi oleh banyaknya kalori yang masuk dan keluar.

Agar diet Anda tidak terganggu, berikut ini beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda cermati asupannya.

Baca juga: Ini 8 Kesalahan Diet yang Membuat Berat Badan Tak Turun-Turun (1)

1. Semua salad baik untuk Anda

Gara-gara Asupan 5 Bahan Makanan dan Minuman Ini, Diet Bisa Gagal TotalFoto: Odilia/detikfood

Sayuran memang sangat baik untuk semua orang. Namun, menikmati salad sayuran perlu diperhatikan dari komposisi isian dan juga saus pelengkapnya. Salad Caesar yang dicampurkan dengan sayuran hijau ternyata mengandung potongan daging, keju parmesan dan saus salad krim yang tentu mengandung lemak. Bahkan tambahan roti panggang atau crouton pun dapat menambah asupan kalori harian Anda.

Lemak memberikan sumbangan lemak yang cukup tinggi. Jadi sebaiknya hati-hatilah dalam menambahkan saus dressing.

2. Saya tidak makan junk food, hanya camilan 'sehat'

Gara-gara Asupan 5 Bahan Makanan dan Minuman Ini, Diet Bisa Gagal TotalFoto: iStock

Banyak orang yang meninggalkan junk food dengan alasan kesehatan dan tak mengandung tinggi zat gizi. Tetapi banyak orang juga keliru, karena mengganti makanan junk food dengan "makanan ringan sehat" seperti muesli bar dan protein bar. Muesli bar memang mengandung bahan-bahan sehat seperti gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian. Namun tanpa sadar, dalam makanan ini menempel banyak gula.

Sebaiknya pilih saja camilan berupa buah potong atau segenggam kacang panggang.

3. Pemanis alami lebih baik daripada gula

Gara-gara Asupan 5 Bahan Makanan dan Minuman Ini, Diet Bisa Gagal TotalFoto: iStock

Menambahkan madu atau sirup agave ke makanan tidaklah berbeda secara nutrisi dengan menambahkan gula. Karena rasanya berbeda, Anda bisa saja masih menambahkan gula.

Jika ingin merasa sesuatu yang manis, cobalah menambahkan beberapa buah sebagai gantinya. Ini akan memberikan rasa manis alami dan akan memberi Anda tambahan vitamin dan mineral. Sebelum menambahkan gula ke kopi, Anda bisa coba menambahkan susu ke dalamnya agar rasanya lebih manis alami. Atau cobalah mengurangi jumlah gula yang Anda tambahkan setengah sendok teh setiap minggu. Anda akan menemukan perbedaan.

4. Apa pun yang berbahan buah itu sehat

Gara-gara Asupan 5 Bahan Makanan dan Minuman Ini, Diet Bisa Gagal TotalFoto: iStock

Tidak semua makanan berbahan buah itu rendah kalori. Pisang yang diolah menjadi cake tentu kalorinya akan tinggi karena mengandung menega dan gula. Selain itu, konsumsi minuman buah seperti jus buah juga perlu diperhatikan. Banyak jus buah kemasan yang mengandung 25 persen jus buah dan sangat tinggi gula.

Kalau pun konsumsi 100 persen jus buah asli, Anda juga dapat kehilangan serat penting yang secara alami datang dari buah dan membantu tubuh Anda kenyang lebih lama. Sehingga konsumsi buah utuh adalah yang terbaik.

5. Minuman ringan dan beralkohol

Gara-gara Asupan 5 Bahan Makanan dan Minuman Ini, Diet Bisa Gagal TotalFoto: Istimewa

Jika sedang menurunkan berat badan, sebaiknya jangan asal konsumsi minuman ringan dan alkohol. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa minuman beralkohol tinggi kalori. Rata-rata segelas red wine mengandung sekitar 480 kilojoule. Sehingga jika Anda konsumsi alkohol berlebih yaitu sekitar dua gelas maka sama saja dengan makan dua cangkir penuh keripik jagung.

Jadi, saat mencoba menurunkan berat badan adalah jangan makan terlalu banyak. Kita perlu memahami sinyal yang dikirim tubuh ketika kita sudah kenyang untuk berhenti makan. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan makan perlahan.

Baca juga: Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara Ini (lus/odi)