Ini 8 Kesalahan Diet yang Membuat Berat Badan Tak Turun-Turun (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 26 Jul 2017 19:17 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan pola makan sehat. Tetapi kesalahan dalam berdiet bisa berakibat berat badan tak kunjung turun.

Beberapa kesalahan mendasar tersebut mungkin umum dilakukan oleh orang yang sedang menjalani diet jenis apapun. Seperti melewatkan sarapan dan tidak konsumsi lemak sama sekali. Menurut food.ndtv.com (24/7) beberapa hal ini bisa menghambat kesuksesan diet Anda.

Baca juga : Gara-gara 5 Kesalahan Ini Berat Badan Tak Kunjung Turun

1. Melewatkan sarapan

Agar berat badan turun secara optimal sebaiknya jangan lewatkan sarapan.Agar berat badan turun secara optimal sebaiknya jangan lewatkan sarapan. Foto: Getty Images

Melewatkan sarapan dapat memperlambat metabolisme dan menyebabkan perubahan hormon tertentu yang dapat menghambat proses penurunan berat badan.

Nutrisi yang tidak terpenuhi setelah Anda beristirahat selama 8-9 jam, membuat Anda lapar terus menerus dan menyebabkan bertambahnya porsi makan siang.

Makanan saat sarapan seperti susu, roti gandum, kacang-kacangan, dan buah segar yang mengandung kalsium, zat besi, protein dan juga serat merupakan sumber nutrisi penting bagi tubuh. Nutrisi ini penting untuk membakar kalori dan melakukan berbagai fungsi bagi pencernaan.

2. Fokus pada satu kelompok makanan

Protein bisa bersumber dari salmon.Protein bisa bersumber dari salmon. Foto: iStock

"Tubuh membutuhkan diet seimbang, dan komposisi tubuh bergantung pada pemenuhan kebutuhan dasar. Penting untuk tidak membiarkan tubuh kelaparan, dengan memberikan asupan protein, serat dan lemak," ungkap ahli Gizi di Banglaore, Dr. Anju Sood,

Walaupun sedang menjalani diet, bukan berarti Anda harus menghindari makanan yang berkarbohidrat dan berlemak. Karena tubuh juga membutuhkan asupan tersebut untuk menurunkan berat badan.

Tidak mengonsumsi karbohidrat sama halnya dengan memperlambat proses metabolisme yang menyebabkan terhambatnya proses penurunan berat badan.

3. Tidak mengendalikan porsi makan

Perbandingan porsi makan.Perbandingan porsi makan. Foto: Thinkstock

Selain mengganti makanan menjadi makanan yang sehat, Anda juga harus mengendalikan porsi makan.

Mengganti beberapa makanan saat diet menjadi makanan sehat bisa dilakukan. Seperti dari roti putih ke roti gandum, minyak sulingan ke minyak zaitun atau mengganti camilan menjadi kacang-kacangan. Anda juga harus membatasi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

4. Makan terlalu cepat dan tidur telat

Makan terlalu cepat.Makan terlalu cepat. Foto: iStock

Saran umum saat ingin menurunkan berat badan, Anda harus makan malam sebelum jam 7 malam. Masalahnya, Anda sering makan lebih awal tapi tidur telat.

Tidur telat dapat menyebabkan tubuh lapar pada tengah malam. Hasrat lapar ini bisa saja merusak pola diet. Untuk menghindari hal tersebut, makan malamlah sedikit terlambat atau tidur lebih cepat.

Baca juga : Karena 3 Kesalahan Dalam Berdiet Ini Kesehatan Usus Bisa Terganggu (lus/odi)