Agar Tak Sembelit Rutinlah Konsumsi 5 Buah Enak Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 13 Nov 2018 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kurangnya konsumsi serat bisa bikin Anda sembelit. Saat sembelit menyerang buang air besar pun tak lancar dan bisa mengganggu aktifitas.

Sembelit juga bisa disebabkan dari gaya hidup yang tidak aktif, asupan junk food dan juga makan berlebihan. Kebanyakan orang dengan sembelitakan merasakan kembung dan juga gelisah.

Untuk mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi, Anda bisa mengonsumsi ragam buah-buahan yang mengandung serat cukup tinggi. Berikut ini beberapa buah yang dapat Anda nikmati setiap hari agar sembelit tak terjadi pada sistem pencernaan Anda.

Baca juga: Ini Cara Enak Atasi Sembelit, Seringlah Makan 6 Buah Ini

1. Apel

Agar Tak Sembelit Rutinlah Konsumsi 5 Buah Enak IniFoto: iStock

Buah ini mengandung serat pektin yang dapat membantu menurunkan penyerapan lemak berlebih pada tubuh. Ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dr. Anju Sood mengatakan,"Serat bisa memperlambat daya cerna yang dapat membantu pencernaan tetap merasa kenyang sehingga dapat mencegah Anda makan berlebihan yang tinggi akan gula. Dalam jangka panjang, ini bisa membantu sembelit sekaligus menurunkan berat badan."

Dikutip dalam NDTV, sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition ditemukan bahwa wanita yang secara teratur makan apel ditemukan memiliki 13 hingga 22 persen orang yang memiliki masalah sembelit lebih sedikit daripada mereka yang tidak konsumsi apel.

Konsumsi jus apel dapat melawan sembelit karena mengandung sorbitol yang membantu dalam mengatur pencernaan.

2. Pepaya

Agar Tak Sembelit Rutinlah Konsumsi 5 Buah Enak IniFoto: iStock

Buah pepaya disebut-sebut yang paling ampuh melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung serat yang tinggi sehigga sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Serat yang terkandung dalam buah pepaya sekitar 1,8 gram per 100 gram buah sehingga khasiatnya sebagai laktasif tak perlu diragukan. Selain itu, kandungan air yang tinggi di dalamnya juga dapat membantu atasi masalah sembelit.

Cara makan buah pepaya yang terbaik adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk potongan utuh. Namun, jika ingin lebih enak, Anda juga bisa meraciknya bersama dengan buah-buahan lain jadi smoothies.

3. Kiwi

Agar Tak Sembelit Rutinlah Konsumsi 5 Buah Enak IniFoto: iStock

Ada studi menyebutkan bahwa orang yang gemar makan kiwi secara rutin dalam empat minggu memiliki sistem pencernaan yang lancar. Kiwi juga mengandung enzim actinidain yang berperan dalam melancarkan pencernaan. Buah berwarna hijau ini pun dapat membuat feses lunak.

Kiwi mengandung sekitar 2,5 gram serat dan juga beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin K, C dan E, potasium dan folat. Kiwi bisa dilah menjadi campuran salad yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk mencegah sembelit.

4. Pir

Agar Tak Sembelit Rutinlah Konsumsi 5 Buah Enak IniFoto: iStock

pir dengan ukuran sedang mengandung serat sekitar 5,5 gram. Buah ini juga mengandung fruktosa dan sorbitol sehingga bisa bantu redakan sembelit. Fruktosa di dalam tubuh akan bekerja di usus untuk menarik air melalui proses osmosis dan menstimulasi bowel movement atau gerakan usus.

5. Berry

Agar Tak Sembelit Rutinlah Konsumsi 5 Buah Enak IniFoto: iStock

Semangkuk buah beri mengandung 8 gram serat. Serat dalam raspberry ini dapat meredakan sembelit dan membantu lancarkan feses keluar dari jalur pencernaan. Selain itu blueberry juga dikenal dapat redakan sembelut karena satu porsi blueberry segar mengandung sekitar 3,6 gram serat.

Baca juga: Sering Sembelit? Atasi dengan Rutin Makan Brokoli dan Ubi (2) (lus/odi)