Sering Sembelit? Atasi dengan Rutin Makan Brokoli dan Ubi (2)

Aisyah Kamalia - detikFood Kamis, 01 Sep 2016 14:00 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Susah buang air besar dikarenakan kurangnya asupan air dan serat. Banyak makanan alami bisa memperlancar BAB.

Selain gandum utuh dan strawberry, banyak bahan makanan lain yang kaya serat. Dari kentang hingga brokoli sangat baik atasi sembelit.

6. Sereal tinggi serat

Jangan hanya sekadar sereal, pastikan sereal untuk sarapan Anda juga kaya serat. Pilihlah sereal yang paling sedikit mengandung 5 gram serat per porsi. Jika sereal bukan yang berserat tinggi, taburkan beberapa sendok roti gandum atau flaxseed di atasnya.

7. Brokoli
Brokoli sangat kaya serat dan rendah kalori. Karenanya jadi sumber nutrisi yang baik. Brokoli mentah lebih banyak serat daripada yang sudah dimasak. Tetapi Anda bisa mengolahnya dengan direbus, dikukus, atau dipanggang untuk menghindari tambahan kalori. Untuk membuatnya lebih bernutrisi dan enak, tambahkan minyak zaitun, garam dan sedikit merica.

8. Apel mengkal


Plum, apel dan pir yang belum masak punya kandungan pektin yang timggi dan nantinya akan menghasilkan serat. Sebaiknya makan juga kulitnya karena serat ada pada kulitnya.

Sebuah pir mentah berukuran kecil dengan kulit memiliki 4,4 gram serat, sementara apel berukuran sedang dengan kulit pumya 3,3 gram serat. Sebelum konsumsi, jangan lupa cuci bersih di bawah air mengalir.

9. Kacang
Meski kacang banyak kalori, tetapi merupakan sumber serat. Kacang brazilia, kacang tanah, dan walnuts merupakan sumber serat terbaik. Setiap 30 gram almond yang memberi 3,3 gram serat, 30 gram pistachio 2,9 gram serat, dan 30 gram kacang pecan 2,7 gram.

10. Kentang


Satu buah kentang panggang ukuran sedang, dengan kulit, memiliki 3,8 gram serat. Ubi manis yang dipanggang dengan kulitnya punya 4,8 gram serat. Hindari kentang goreng karena banyak mengandung lemak.

Agar lebih sehat, olah menjadi mashed potato atau potong-potong kentang dan panggang dengan minyak zaitun dan bumbu.

(adr/odi)