Sarapan Sup Hangat Terbukti Punya Banyak Manfaat Sehat

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 17 Okt 2018 06:11 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sup biasanya disajikan dengan kuah kaldu, potongan sayur, hingga daging ayam atau sapi. Meski sederhana, ternyata sup bisa jadi menu sarapan sehat.

Sup mungkin bukan menu sarapan yang umum disantap ketika sarapan. Padahal sup memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama ketika dikonsumsi pagi hari. Salah satunya seperti meningkatkan energi, hingga asupan nutrisi harian. Manfaat sehat ini bisa didapat jika rutin makan sup saat sarapan.

Baca Juga: Kentang dan Buncis Dalam Sup Punya Khasiat Hebat


1. Mengenyangkan

Sarapan Sup Hangat Terbukti Punya Banyak Manfaat SehatFoto: iStock
Meski sup punya rasa yang ringan, tapi potongan sayuran, hingga daging di dalamnya dapat membuat perut merasa lebih kenyang. Sup sendiri merupakan hidangan yang sederhana. Jika Anda tidak terlalu suka dengan sup yang kental, bisa buat sup bening yang mudah untuk dicerna.

Bahan-bahan untuk membuat sup bening bisa disiapkan sehari sebelumnya, seperti kaldu ayam atau sapi. Bahan tambahannya ada bawang bombay, kentang, buncis, wortel. Untuk membuat sup bening sederhana, resep lengkapnya bisa di cek di sini.


2. Kaya Nutrisi

Sarapan Sup Hangat Terbukti Punya Banyak Manfaat SehatFoto: iStock
Dengan menambahkan potongan berbagai sayuran ke dalam sup, tentu membuat menu sarapan Anda menjadi lebih bernutrisi. Mengonsumsi sup berisi sayuran, dapat menyumbang asupan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Agar lebih mudah untuk dicerna, sayuran bisa dipotong secara tipis atau kecil-kecil. Kalau mau menambah rasa, sup sayuran ini bisa ditambahkan macaroni hingga bakso ayam yang gurih. Untuk resep Sup Bakso Ayam, bisa dilihat di sini.


3. Praktis

Sarapan Sup Hangat Terbukti Punya Banyak Manfaat SehatFoto: iStock
Hampir sama seperti kopi, Anda bisa menyimpan sisa sup yang telah dibuat di dalam kulkas kemudian dihangatkan kembali di pagi hari. Jika tidak ada waktu untuk sarapan di rumah, Anda bisa mengemas sup di wadah kecil, yang mudah untuk dibawa dan dihangatkan.


4. Membuat Tubuh Lebih Hangat

Sarapan Sup Hangat Terbukti Punya Banyak Manfaat SehatFoto: iStock
Menyantap sup di pagi hari, tentunya membuat tubuh menjadi lebih hangat setelah berpuasa selama semalam penuh. Selain itu sup punya manfaat lain yang tak kalah menarik. Menurut sebuah studi di tahun 2014, mengonsumsi sup dapat menurunkan berat badan hingga membentuk pinggang menjadi lebih ramping.


5. Cocok Untuk Masalah Pencernaan

Sarapan Sup Hangat Terbukti Punya Banyak Manfaat SehatFoto: iStock
Jika Anda mengalami masalah pencernaan yang cukup serius dan kronis, Anda justru membuat saluran pencernaan semakin bermasalah ketika menyantap menu sarapan yang terlalu manis atau penuh dengan tepung.

Sementara sup merupakan makanan yang bagus untuk orang-orang dengan masalah pencernaan. Apalagi sup memiliki tekstur yang ringan, kaya akan nutrisi, dan juga tinggi serat.

Kalau bosan dengan sup sayuran, bisa coba sup krim wortel yang tak kalah enak sehat. Cara pembuatannya juga mudah, kandungan beta karotennya sehat untuk tubuh. Cek resep Sup Krim Wortel di sini.




Tonton juga 'Lawa de Maiz, Sup Khas Peru':

[Gambas:Video 20detik]


(sob/odi)