Sarapan dengan Sereal yang Besar Kepingannya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood Selasa, 28 Agu 2018 06:24 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sereal sering jadi pilihan praktis sarapan. Dari beragam rasa dan ukuran, sereal kecil bisa bantu turunkan berat badan.

Dilansir dari Times Of India (28/8) sebuah penelitian membuktikan jika ada jenis sereal yang bisa menjaga berat badan. Ternyata sereal dengan bentuk serpihan besar dapat mengurangi nafsu makan berlebih, dibandingkan dengan mengonsumsi sarapan sereal berbentuk kecil.
Konsumsi Sarapan Sereal Berukuran Kecil Ampuh Membantu Turunkan Berat BadanFoto: Istimewa
Baca juga : Ini 8 Kesalahan Diet yang Membuat Berat Badan Tak Turun-Turun (1)

Jika biasa mengonsumsi sereal berbentuk kecil, cobalah beralih mengganti sereal yang bentuknya lebih besar. Ini bisa jadi salah satu faktor suksesnya program diet yang Anda jalani. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Penn State University.

Orang-orang cenderung makan sereal lebih banyak ketika bentuk sereal yang mereka makan berukuran kecil. Sementara saat bentuk serealnya besar, orang lebih makan dalam jumlah sedikit.

Ini dipengaruhi faktor psikologis, pasalnya saat sereal bentuknya kecil, orang menganggap sereal yang dimakan jumlahnya sedikit.

"Orang-orang sangat sulit menilai porsi yang tepat," jelas Barbara Rolls, profesor yang menulis penelitian ini.

"Ukuran dan bentuk makanan menjadi dimensi yang membuat orang kesulitan mengetahui berapa banyak jumlah makanan yang harus diambil dan dimakan."
Konsumsi Sarapan Sereal Berukuran Kecil Ampuh Membantu Turunkan Berat BadanFoto: Istimewa
Baca juga : Ini Dia Makanan Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Sebuah studi terkait juga mengungkapkan sarapan sebelum berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan. Inilah sebabnya olahraga "fasted cardio" menjadi tren yang banyak dilakukan orang-orang.

Para peneliti menemukan mereka yang makan sarapan terlebih dahulu sebelum mereka berolahraga meningkatkan laju kalori yang terbakar. Artinya lebih berpotensi menurunkan berat badan dibandingkan orang yang tidak sarapan sebelum olahraga. (dvs/odi)