Ini Dia Makanan Sarapan yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 15 Agu 2018 06:09 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Para peneliti menemukan kalau protein yang terdapat pada susu, yogurt serta keju sangat cocok dijadikan menu makan jika ingin turunkan berat badan.

Karenanya ketiganya sangat baik jika dijadikan menu sarapan. Ketiga bahan itu punya kandungan protein yang tinggi. Protein sendiri dapat membuat perut kenyang lebih lama. karenanya sangat cocok dijadikan menu sarapan orang yang sedang diet.

Selain punya kandungan protein, keju, susu, dan yogurt juga ampuh turunkan kadar gula dalam darah. Hal ini sangat menguntungkan penderita diabetes tipe 2. Pengidap diabetes tipe 2 yang rutin konsumsi ketiga bahan itu secara teratur bisa menjaga kadar gula dalam darah dengan seimbang.

Ini Dia Menu Sarapan yang Ampuh Turunkan Berat BadanFoto: Istimewa
Seperti yang Anda ketahui, kadar gula berlebih dalam darah bisa sebabkan masalah jantung, kerusakan organ, penyembuhan luka lebih lambat hingga kebutaan.

"Sarapan dengan (sajian) yang mengandung protein dan kalori yang tinggi, makan siang yang sedang serta sedikit makan malam merupakan strategi yang terbukti sukses turunkan berat badan di kalangan penderita obesitas dan diabetes tipe 2," ungkap salah satu peneliti bernama Dr Daniela Jakubowicz lulusan fakultas kedokteran Tel Aviv University.

Baca juga:Penderita Diabetes Seringlah Makan Pare, Ini Alasannya

Untuk membuktikan hal tersebut, Jakubowicz dan para peneliti lain membuat sebuah eksperimen. Penelitian itu diikuti oleh 48 penderita diabetes tipe 2 sekaligus obesitas dengan usia rata-rata 59 tahun. Mereka dibagi dalam tiga kelompok. Tiap kelompok mengikuti pola makan yang berbeda namun dengan jumlah kalori yang sama lapor Daily Mail (4/4).

Selama 23 bulan, mereka melahap sarapan dengan porsi besar. Grup pertama mengonsumsi bubuk protein whey seperti protein shake. Grup kedua mengonsumsi sumber protein seperti telur, kacang kedelai, dan tuna. Sedangkan grup ketiga mengonsumsi sarapan yang kaya karbohidrat.

Ini Dia Menu Sarapan yang Ampuh Turunkan Berat BadanFoto: Getty Images
Dua minggu setelahnya, terlihat perbedaan jumlah penurunan berat badan di tiap kelompok. Grup pertama berhasil menurunkan berat badan sebanyak 6.7 kg, grup kedua sebanyak 6.1 kg sedangkan grup ketiga sebanyak 3.1 kg.

Grup pengonsumsi bubuk protein whey sebagai sarapan punya rasa kenyang lebih lama. Ini karena bubuk protein whey menekan hormon ghrelin yang sebabkan rasa lapar.

Selain itu, grup yang mengonsumsi bubuk protein whey punya kadar gula lebih stabil dibanding dua grup lainnya. Tingkat hemoglobin glikosilasi (HbA1C) juga menurun di grup ini.

Hemoglobin glikosilasi merupakan molekul yang terbentuk saat glukosa menempel pada hemoglobin dalam sel darah merah.

Hingga Professor Jakubowicz menyimpulkan kalau menjadikan bubuk protein whey sebagai menu sarapan sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Baca juga:Telur dan Roti Gandum, Sarapan yang Baik bagi Penderita Diabetes (dwa/odi)