Agar Mood Makin Baik, Tambahkan 6 Bahan Ini Dalam Kopi Pagi Anda

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 31 Jul 2018 06:41 WIB
Foto: Ilustrasi/thinkstock Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Inginkan rasa kopi yang berbeda pagi ini? Tambahkan saja 6 bahan ini. Selain memperlezat rasa, keenamnya punya banyak manfaat bagi tubuh.

Banyak cara yang dilakukan untuk menciptakan mood baik di pagi hari. Salah satunya dengan mengonsumsi secangkir kopi hangat. Tapi sebaiknya padu 'morning coffee' Anda dengan beberapa bahan berikut. Selain memperkaya rasa, 6 bahan ini juga tawarkan manfaat yang bagus bagi tubuh.

1. Bubuk kakao

Butuh Mood Booster? Padukan 7 Bahan Ini dengan Kopi Anda di Pagi HariFoto: iStock
Bubuk kakao sangat baik bila dipadu dengan kopi kesukaan Anda. Eits, jangan tambahkan gula pada bubuk kakaonya, ya. Kakao mengandung nutrisi yang bisa tingkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin sendiri merupakan hormon yang menimbulkan rasa senang dan bahagia di tubuh. Sehingga Anda akan lebih bersemangat menjalani hari. Selain itu, bubuk kakao mengandung magnesium dan theobrimine. Semua kandungan itu bantu tubuh untuk membakar lemak lebih cepat.

2. Minyak Kelapa

Butuh Mood Booster? Padukan 7 Bahan Ini dengan Kopi Anda di Pagi HariFoto: thinkstock
Kandungan lemak yang ada pada minyak kelapa sangat mudah diserap tubuh. Ini berarti dengan menambahkan minyak kelapa dalam secangkir kopi, bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Efek baiknya, tubuh akan membakar lemak lebih cepat. Terlebih lemak yang ada di bagian paha, perut, dan bokong.

Baca juga: Sedang 'Bad Mood'? Nikmati Makanan Ini Agar Bisa Segera Ceria Lagi

3. Kayu Manis

Butuh Mood Booster? Padukan 7 Bahan Ini dengan Kopi Anda di Pagi HariFoto: Foodbeast
Tak hanya menimbulkan rasa manis dalam kopi, kayu manis punya manfaat baik bagi tubuh. Rempah beraroma khas ini punya sifat anti inflamasi. Menggabungkan bubuk kayu manis dan kopi sangat baik bagi Anda yang selalu merasa pegal atau nyeri otot saat bangun tidur.

4. Cardamom

Butuh Mood Booster? Padukan 7 Bahan Ini dengan Kopi Anda di Pagi HariFoto: Istock
Rempah yang umum dipakai dalam sajian khas Timur Tengah ini cocok dipadu dengan secangkir kafein pagi yang biasa Anda konsumsi. Namun umumnya cardamom biasa dipadu dengan seduhan black tea plus rempah-rempah alias Masala Chai. Tapi kini, Anda bisa mencampur kopi, chai tea, dan cardamom untuk tingkatkan sirkulasi udara dan menambah energi dalam tubuh.

5. Butter/Mentega

Butuh Mood Booster? Padukan 7 Bahan Ini dengan Kopi Anda di Pagi HariFoto: iStock
Tak sembarang jenis butter yang bisa dipadu dengan secangkir kopi. Pilihlah butter yang terbuat dari susu sapi yang diberi pakan rumput. Beberapa peneliti menjelaskan kalau penambahan lemak pada secangkir kopi bisa tingkatkan kinerja otak dan energi dalam tubuh. Omega 3 yang ada pada jenis butter ini mempermudah koneksi antar neuron di otak.

6. Bubuk Cayenne

Butuh Mood Booster? Padukan 7 Bahan Ini dengan Kopi Anda di Pagi HariFoto: Istock
Rempah pedas yang umum dipakai dalam sajian khas Lousiana, Amerika Serikat ini tawarkan banyak manfaat. Apalagi jika dipadu dengan secangkir kopi. Siasati rasa sedikit pedasnya dengan paduan dark chocolate. Bubuk ini bantu tingkatkan metabolisme tubuh sekaligus memperkaya rasa kopi Anda.

Baca juga: Loyo Jelang Akhir Pekan? Mungkin Anda Perlu 5 Asupan Enak Ini (dwa/odi)