Loyo Jelang Akhir Pekan? Mungkin Anda Perlu 5 Asupan Enak Ini

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 06 Jul 2018 07:14 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jangan langsung minum kopi atau makan keripik kalau ingin perbaiki mood. Sebaiknya konsumsi bahan makanan enak yang bisa membuat Anda lebih semangat.

Karenanya jangan asal makan untuk mengatasi kelelahan atau mood buruk saat memulai kerja. Bukannya menambah semangat dan konsentrasi saat bekerja, justru malah sebaliknya.

Untuk itu, konsumsi saja 5 bahan makanan alami ini. Seperti direkomendasikan oleh para ahli nutrisi yang dirangkum oleh Everyday Health.

1. Kacang Almond

Malas Kerja Jelang Akhir Pekan? Atasi dengan Konsumsi 5 Bahan Ini!Foto: iStock
Kacang almond sangat pas dijadikan camilan. Selain itu, jenis kacang ini mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Seperti magnesium dan vitamin B. keduanya mampu mengubah makanan menjadi energi.

Berdasarkan keterangan Rachel Berman, penulis buku Boosting Your Metabolism for Dummies, para peneliti mengungkap jika orang akan mudah lelah bila kekurangan magnesium. Kekurangan vitamin B juga bisa sebabkan kelelahan hingga merusak konsentrasi. Konsumsi sebanyak 23 biji kacang almond saat kelelahan bisa mengontrol kalori di dalam tubuh.

2. Popcorn

Malas Kerja Jelang Akhir Pekan? Atasi dengan Konsumsi 5 Bahan Ini!Foto: Getty Images
"Mengandung serat, biji-bijian yang bisa mencegah naiknya gula darah setelah mengonsumsi karbohidrat," ungkap Bermans, ahli gizi asal Amerika Serikat. Salah satu gandum utuh yang rendah kalori adalah popcorn. Karenanya popcorn bisa dijadikan camilan yang pas untuk menambah semangat kerja. Apalagi camilan ini punya rasa yang lezat dan renyah.

Tapi, jangan masak popcorn dengan mentega, garam, dan minyak. Tambahkan rempah ke dalam popcorn supaya tidak terlalu hambar. Selain itu, makan popcorn juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca juga: Popcorn Juga Kaya Antioksidan

3. Pisang

Malas Kerja Jelang Akhir Pekan? Atasi dengan Konsumsi 5 Bahan Ini!Foto: iStock
Buah yang satu ini memang paling pas dijadikan camilan sehat. Pisang kaya akan serat, vitamin B6, dan kalium. Semua nutrisi tersebut punya peran penting bagi otot tubuh.

Pisang cocok dijadikan camilan sebelum maupun setelah jam kerja. Sebaiknya sandingkan pisang dengan segelas susu rendah lemak atau secangkir yogurt. Agar mendapat serat dan protein sekaligus. Keduanya bisa memberi energi lebih pada tubuh. Sehingga pas dijadikan menu sarapan agar Anda bersemangat menjalani hari.

4. Oatmeal

Loyo Jelang Akhir Pekan? Mungkin Anda Perlu Asupan IniFoto: iStock

Kalau Anda bertanya soal menu sarapan yang paling baik pada ahli gizi, oatmeal pasti masuk dalam daftar menunya. Gandum punya kandunga serat yang tinggi. Karenanya pas untuk dijadikan sarapan.

Serat tidak mudah dicerna tubuh. Sehingga kalau Anda menyantap oatmeal di pagi hari, tubuh akan punya lebih banayk energi sebelum jam makan siang datang. Kadar gula yang stabil setelah melahap oatmeal juga meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

5. Yogurt

Loyo Jelang Akhir Pekan? Mungkin Anda Perlu Asupan IniFoto: CBC/iStock

Si asam yogurt punya segudang manfaat. Ia kaya protein, yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Yogurt bisa dikonsumsi untuk sarapan, makan siang atau bahkan menjadi camilan. Hanya saja pastikan untuk mengonsumsi yogurt yang rendah gula atau tanpa gula tambahan. Biasanya satu cup yogurt rendah gula mengandung 100 kalori.

Baca juga: Populer Sebagai Menu Sarapan, Ini 5 Manfaat Sehat Makan Yogurt (dwa/odi)