​Sehatkan Pencernaan dan Cegah Bau Mulut dengan Konsumsi 5 Rempah Ini​

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 12 Jan 2018 14:30 WIB
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Selain bisa meningkatkan cita rasa, 5 rempah ini juga bisa buat tubuh makin sehat. Mulai dari lancarkan pencernaan hingga cegah bau mulut.

Beberapa rempah seperti cabai, jahe hingga kapulaga memiliki sensasi rasa pedas yang sangat disukai orang Indonesia. Rempah ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk tingkatkan kekebalan tubuh dan sangat mudah ditemui.

Tidak perlu mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan konsumsi 5 rempah yang mudah didapat di pasar ini, Anda bisa dapatkan hasil yang sama seperti yang dilansir dalam Today ( 12/1).

Baca juga: Kayu Manis Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

1. Cabai rawit

Sehatkan Pencernaan dan Cegah Bau Mulut dengan Konsumsi 5 Rempah IniFoto: iStock
Cabai yang satu ini jadi sambal khas hidangan Sunda. Saat ini juga sedang tren menu ayam geprek. Ayam yang dipipihkan langsung dengan sambal cabai rawit.

Ternyata cabai rawit baik untuk kesehatan. Zat capsaicin yang ada di cabai rawit bisa menurunkan tekanan darah. Serta meringankan nyeri sendi. Bahkan beberapa penelitian menemukan jika cabai rawit bisa membantu turunkan berat badan.

Untuk menambah kekebalan tubuh, Anda bisa padukan cabai rawit dengan air hangat yang dicampur lemon, jahe, dan madu. Anda juga bisa melahap sambal pedas kesukaan Anda. Tapi jangan berlebihan ya!

2. Kayu Manis

Sehatkan Pencernaan dan Cegah Bau Mulut dengan Konsumsi 5 Rempah IniFoto: Foodbeast
Rempah ini juga banyak digunakan pada olahan khas Nusantara. Selain bikin harum hidangan, rasa hangatnya juga bikin nyaman di tenggorokan. Ternyata kayu manis bermanfaat untuk tubuh.

Senyawa cinnamaldehyde yang ada pada kayu manis punya khasiat antimikroba dan antijamur. Hal ini sudah dipercaya dalam pengobatan tradisional di China. Kayu manis berperan sebagai antioksidan yang bisa cegah peradangan.

3. Kapulaga

Pernah makan kari, gulai khas India atau masakan khas Timur Tengah? Aroma dan rasa khasnya berasal dari rempah ini. Rempah ini juga memberi rasa hangat.

Kapulaga kaya akan flavonoid dan zat anti inflamasi. Kandungan cineole dalam rempah ini bisa jadi antiseptik alami. Zat ini juga bisa melawan bakteri yang sebabkan bau mulut.

Baca Juga: Kapulaga, Si Kecil Harum Berkhasiat

4. Jahe

Rasa pedas khas jahe bisa hangatkan tenggorokan. Rempah ini sering dipadu dalam bumbu masakan dan dijadikan minuman hangat. Khasiat jahe yang bisa perbaiki sistem pencernaan dan mual sudah jadi rahasia umum.

Dikutip dalam Medical News Today (8/1), Departemen Ilmu Biologi dan Biomedis Aga Khan University Medical College Karachi di Pakistan menyimpulkan bahwa

jahe bisa jadi obat diare alami. Rempah ini diketahui memiliki kandungan Vitamin C dan B6. Jadi, jangan ragu untuk menyantap hidangan yang di campur jahe. Selain buat nyaman tenggorokan, jahe juga sangat baik bagi tubuh.

5. Kunyit
Sehatkan Pencernaan dan Cegah Bau Mulut dengan Konsumsi 5 Rempah IniFoto: iStock
Rempah yang memberi warna kuning cantik pada beragam sajian ini punya manfaat yang baik untuk tubuh. Kandungan kurkumin pada kunyit merupakan antioksidan yang bisa cegah peradangan di tubuh.

Ada racikan teh kunyit yang bisa dikonsumsi untuk membuat tubuh dan otak Anda rileks. Racikannya berupa susu almond yang dicampurkan dengan kunyit bubuk, kayu manis bubuk, jahe dan madu.

Baca Juga: Ayo Makan Kunyit Agar Pencernaan dan Jantung Sehat (dwa/odi)