Kapulaga, si Kecil Harum Berkhasiat

Eka Septia Wulan - detikFood Kamis, 09 Jul 2009 15:09 WIB
Jakarta - Pernah makan kari atau gulai khas India atau masakan khas Timur Tengah? Pasti Anda akan menemukan jejak harum yang khas dan juga sedikit rasa yang berbeda. Itu semua berasal dari rempah imut ini. Untuk apa saja sih kegunaannya? Coba simak infonya berikut ini!

Kalau senang dengan masakan India atau Timur Tengah seperti kari dan gulai pastinya sudah tak asing lagi dengan nama rempah berikut ini. Amomum cardamomum atau yang lebih dikenal dengan nama kapulaga ini memang menjadi salah satu remapah wajib pada setiap masakan India maupun Timur Tengah.

Di beberapa daerah kapulaga dikenal dengan istilah pai thou kou dalam bahasa Tionghoa, orang Yunani menyebutnya Cardamomom , sedangkan orang Inggris menyebutnya Cardamom. Cardamom atau kapulaga banyak sekali di temui di India, Sri Lanka, Thailand dan juga Guatemala dan mulai diperdagangkan di Indonesia sekitar tahun 1986.

Kapulaga tak hanya di gunakan sebagai rempah penyedap masakan, ataupun pemberi aroma pada kue tapi juga biasa digunakan untuk campuran jamu. Aromanya sangat khas karena kandungan minyak astiri yang tinggi pada kapulaga. Dan orang Inggris menyebutnya 'grains of paradise' karena aroma harum yang khas dari si kapulaga.

Di Indonesia, kapulaga terbagi ke dalam dua jenis yaitu kapulaga hijau dan kapyulga putih. Meskipun masih dalam satu jenis, tapi keduanya memiliki aroma dan juga bentuk fisik yang berbeda loh! Kapulaga Putih, bentuk fisiknya agak bulat dan ringan. Bijinya berwarna hitam, kulitnya putih kecoklatan. 

Sedangkan kapulaga Hijau, atau lebih popular dikenal dengan Kapol India, bentuknya sedikit lebih panjang dan pipih. Aromanya lebih tajam dan wangi, dengan biji berwarna hitam dan kulit sedikit kehijauan. Sebenarnya masih ad asatu jenis kapulga lain, yaitu kapulaga cokelat. Aromanya mirip dengan kamper dan biasanya digunakan untuk hidangan nasi di Timur Tengah.

Di pasar dunia, kapulaga hijau harganya jauh lebih mahal dari kapulaga putih. Kapulaga juga dipercaya dapat meredakan batuk dan juga mencegah pengeroposan tulang. Biji kapulaga yang sudah dikeringkan itulah yang biasa digunakan sebagai obat. Biji kapulaga yang sudah dikeringkan ini bernama semen cardamomi. Nah, kalau sudah tahu khasiatnya pasti tak akan ragu lagi kan? Campurkan saja sedikit kapulaga pada masakan Anda seperti gulai atau kari pasti rasanya akan semakin mantap!

(eka/Odi)