Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (2)

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Senin, 13 Nov 2017 18:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tak hanya dagingnya, kulit kentang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Tak hanya bisa lancarkan pencernaan, kentang yang diolah benar juga dapat sehatkan kulit.

Kulit kentang kaya akan serat ketika Anda rutin mengonsumsinya. Bahkan tanpa memakan kulitnya pun, dagingnya bisa mengurangi gejala pramenstruasi, dijadikan masker untuk mengurangi kantung mata, kulit kering hingga kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari kentang. Seperti berikut ini:

Baca juga: Jangan Dibuang! Kulit dari Buah dan Sayur Ini Kaya Khasiat (1)

8. Meringankan gejala pramenstruasi

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi kentang yang dihaluskan bisa meringankan gejala sindrom pramenstruasi. Kentang mengandung tinggi karbohidrat, yang dapat meningkatkan produksi serotonin di dalam tubuh. Lonjakan dalam serotonin membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (2) Foto: iStock

9. Baik untuk tulang

Shilpa, seorang Praktisi Kesehatan juga mengatakan bahwa kentang kaya akan kalsium dan fosfor. "Kentang membantu menguatkan tulang," ujar Shilpa.

Selain untuk tulang, kulit Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya saat Anda mengkonsumsi kentang. Anda bisa membuat masker wajah dari kentang untuk mengobati wajah dan kondisi kulit lainnya seperti bintik hitam dan noda.

10. Cegah lingkaran hitam dan kantung mata

Mata panda atau lingkaran hitam yang ada di mata Anda cukup mengganggu? Anda tidak perlu melakukan treatment mahal untuk menghilangkannya. Cukup gunakan kentang!

Kupas kulit dari kentang mentah lalu Anda potong sesuai dengan lebar lingkaran mata Anda. Lalu ambil handuk dan bungkus potongan kentang tersebut dan pelan-pelan letakkan handuk di lingkaran hitam di daerah mata Anda.

Diamkan selama 20 menit dan langkah terakhir, bilas mata Anda menggunakan air bersih. Selain segar, warna hitam di daerah mata Anda hilang dengan perlahan jika Anda rutin melakukan cara ini.

Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (2) Foto: iStock

11. Mengurangi garis halus dan kerutan

Kandungan vitamin C dapat menurunkan tanda-tanda penuaan pada wajah Anda. Untuk menyingkirkan keriput, haluskan kentang dan letakkan ke daerah garis halus atau kerutan Anda.

Haluskan kentang mentah dan letakkan di kulit Anda. Tinggalkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air.

12. Perbaiki sel-sel kulit mati

Selain memperbaiki kulit bagian luar, kentang juga bisa memperbaiki kulit dari dalam. "Kulit kentang kaya akan antioksidan dapat dioleskan ke kulit untuk mengelupaskan kulit-kulit mati. Lakukan hal ini terus menerus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit Anda," jelas Shilpa, Praktisi Kesehatan.

Tak Hanya Enak, Kentang Juga Punya 14 Manfaat Baik untuk Kesehatan (2) Foto: iStock

13. Merawat kulit kering

Kaya akan Vitamin C, kentang dapat membantu merawat kulit kering oleh khasiatnya dari dalam. Haluskan kentang dan campurkan dengan teh yang sudah didiamakan semalam. Lalu aplikasikan ke wajah Anda dan diamkan 20-25 menit. Bilas menggunakan air dingin agar kulit Anda terasa lebih kenyal dan segar.

14. Merawat kulit dari paparan sinar matahari

Potong kentang menjadi dua irisan dapat membantu merawat kulit akibat paparan matahari atau yang disebut sunburns secara efektif. Jika Anda memiliki kentang yang sudah dihaluskan maka Anda dapat mengoleskannya di area kulit yang terbakar.

Cara ini bisa memberikan sensasi yang dingin untuk kulit Anda yang terkena paparan sinar matahari dan membantu Anda untuk memperbaiki kulit Anda yang rusak.

Shilpa mengatakan, "Kentang jika dipanggang dan ditambahkan ke dalam sayuran favorit bisa jadi pilihan baik. Jika ingin digoreng sebaiknya gunakan minyak baru."

Baca juga: Jangan Dibuang! Kulit dari Buah dan Sayur Ini Kaya Khasiat (2)

(lus/lus)