Jangan Dibuang! Kulit dari Buah dan Sayur Ini Kaya Khasiat (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 04 Des 2015 09:37 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagian kulit ataupun daun pada sayuran biasanya dianggap tak layak konsumsi. Tapi faktanya, beberapa bagian sayuran justru mengandung nutrisi yang tidak banyak diketahui.

Mulai dari serat hingga zat antioksidan ternyata juga ​ada ​dalam kulit buah-buahan. Kulit menjadi salah satu bagian dari buah yang selalu ​di​abaikan dan juga buang. ​Nutrisi pada kulit ini juga tak kalah dari bagian daging buah atau daunnya.​

5. Kulit semangka

Semangka memiliki kulit yang berwarna putih kehijauan dan mengandung citronella. Ini merupakan asam amino yang dapat tingkatkan sirkulasi darah dan lebarkan pembuluh darah. Agar rasanya enak, campurkan kulit semangka dalam smoothies buah.

6. Kulit kiwi



Kulit kiwi biasanya dibuang, akan tetapi ternyata kulit buah yang berbulu cokelat gelap ini kaya akan serat. Selain itu, kulit buah ini juga kaya akan vitamin C dan memiliki sifat anti kanker.

7. Daun seledri



Seledri yang biasa digunakan adalah batangnya, sedangkan daunnya sering dibuang. Daun seledri juga sarat dengan vitamin C dan antioksidan. Daun seledri menjaga jantung tetap sehat, menunda penuaan dini dan juga menormalkan tekanan darah yang tinggi.

8. Biji semangka



Orang-orang dari Timur Tengah biasa memakan biji semangka dengan dagingnya. Kulit semangka mengandung zat besi, zinc, tembaga dan magnesium. Rajin konsumsi biji semangka dapat membuat kulit dan rambut lebih sehat.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Gara-gara NFT Ghozali
Gara-gara NFT Ghozali Selengkapnya