Jangan Dibuang! Kulit dari Buah dan Sayur Ini Kaya Khasiat (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 04 Des 2015 08:56 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat mengolah makanan, kita sering membuang ​b​atang, kulit hingga daun pada sayur dan buah​. Padahal bagian itu​ ternyata punya manfaat ​kesehatan.​

Kulit kentang, daun wortel hingga kulit semangka biasanya tidak dikonsumsi. Akan tetapi ada beberapa kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan​ pada bagian tersebut.​

1. Kulit kentang



Tak hanya daging kentang, ternyata kulitnya juga kaya manfaat. Kulit kentang mengandung serat, selain itu ada juga kandungan kalsium, vitamin B kompleks, vitamin C serta zat besi.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, olah kentang dengan kulitnya. Cuci kentang dan sikat kulitnya hingga bersih dan rendam dalam air hangat. Potong, beri bumbu dan kemudian panggang. Agar lebih enak, Anda dapat mencampurkannya dengan sayuran lain serta keju leleh yang gurih.

2. Tangkai dan daun brokoli

Selain bunganya, tangkai dan daun brokoli juga mengandung karotenoid. Ini merupakan sumber vitamin A yang juga memiliki sifat anti kanker. ​M​asak brokoli lengkap dengan daun dan batangnya. Buat menjadi sup, smoothies atau dipanggang.

3. Kulit bawang putih dan bombay



Saat mengupas bawang sebaiknya jangan buang kulitnya. Kulit bawang ini disebut-sebut menjadi salah satu agen antioksidan yang dikenal sebagai quercetin. Zat ini dapat mengurangi peradangan dan melawan alergi.

Anda dapat mencampurkan kulit bawang ke dalam masakan dan mengambilnya pada saat makanan hendak disajikan. Antioksidan yang terkandung dalam kulit bawang akan ​larut ​ke dalam makanan dan membuatnya lebih sehat.

4. Daun wortel dan lobak



Bagian sayuran ini biasanya akan dibuang dan tidak terpakai. Daun wortel kaya akan kandungan klorofil yang merupakan sumber terbaik dari mineral seperti magnesium, potasium dan kalsium yang bisa tingkatkan kesehatan. Selain itu, daun wortel dan lobak juga bisa membantu lawan kanker usus besar serta membuat tulang lebih kuat.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com