Beli Kopi Americano di Kafe, Pelanggan Ini Maki Barista karena Dapat Cup Kecil

ADVERTISEMENT

Beli Kopi Americano di Kafe, Pelanggan Ini Maki Barista karena Dapat Cup Kecil

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 26 Jan 2023 06:00 WIB
Beli Kopi Americano di Kafe, Pelanggan Ini Maki Barista karena Dapat Cup Kecil
Foto: Twitter @IniAlalalannn & TikTok @miloais_1katepi
Jakarta -

Seorang barista tuai pujian karena sikapnya yang tenang saat mengatasi masalah dengan pelanggan. Pasalnya, pelanggan yang dihadapi ngamuk karena dapat cup kopi kecil.

Sudah menjadi risiko bagi seorang barista kafe atau pelayan restoran untuk menghadapi berbagai macam sikap pelanggan. Jika kurang beruntung, bisa jadi barista atau pelayan itu harus menghadapi pelanggan yang bersikap kurang menyenangkan.

Ada sebagian barista yang mungkin ikutan emosi menghadapi sikap pelanggan seperti itu. Namun tidak dengan barista wanita ini yang bisa menghadapi pelanggan yang ngamuk dengan sikap tenang.

Melansir Says.com (25/01), sebuah video yang juga dibagikan ke Twitter @IniAlalalannn menjadi ramai setelah menunjukkan sikap seorang barista yang terpaksa harus menghadapi makian dari pelanggan.

Saat diunggah kembali, video itu diberi keterangan, "Tidak malu ya dia ngamuk-ngamuk buat heboh di dalam toko semata-mata karena cup kopi Americano ini? Barista sudah menjelaskan, tetap juga dia anggap dirinya yang benar. Kasihan yang kerja di industri makanan dan minuman kadang-kadang terkena layanan pelanggan dari neraka seperti ini. Haish, anger issues aku kayaknya nggak bisa pernah bisa melayani jenis seperti ini."

Beli Kopi Americano di Kafe, Pelanggan Ini Maki Barista karena Dapat Cup KecilVideo barista yang dimaki ini menjadi viral setelah diunggah kembali di Twitter. Foto: Twitter @IniAlalalannn & TikTok @miloais_1katepi

Jika dilihat pada video, ada pelanggan yang protes setelah memesan kopi Americano panas di kafe Zus Coffee yang terletak di Malaysia. Pesanan yang datang tentu sesuai yang diinginkan oleh pelanggan, namun hal yang menjadi masalah adalah ukuran cup kopinya. Pelanggan ini marah karena pesanan Americano nya disediakan dalam cup kecil.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @miloais_1katepi, terdengar jika pelanggan itu memaki barista wanita ini dengan menganggap SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada di kafe ini hanyalah omong kosong belaka.

"Apa benda yang Anda buat ini, panggil boss keluar. Anda supervisor? Andatidak tahu? Anda sebut SOP, tapi omong kosong punya SOP. Anda jangan tunjukkan ke saya SOP, sebelumnya saya boleh minta cup besar, sekarang tidak boleh?", ucap pelanggan yang marah itu.

Barista ini pun menjelaskan jika mereka memang hanya menyediakan kopi Americano dalam cup ukuran kecil. Dalam video lanjutan pun barista yang tidak diketahui namanya ini menjelaskan jika kafe mereka berbeda dengan kafe pada umumnya yang menawarkan beberapa ukuran cup. Sementara di kafe tersebut hanya ada satu standar ukuran untuk Americano panas.

Beli Kopi Americano di Kafe, Pelanggan Ini Maki Barista karena Dapat Cup KecilBarista wanita itu mencoba menjelaskan kepada pelanggan tetapi pelanggan tetap tidak terima. Foto: Twitter @IniAlalalannn & TikTok @miloais_1katepi

Meskipun sudah berusaha dijelaskan, namun pelanggan masih tidak terima jika Ia harus mendapatkan cup kecil. Pasalnya, pelanggan itu mengungkap jika sebelumnya pernah beli Americano di kafe ini dan mendapat cup besar.

Mengingat omongan pelanggan ini, barista wanita itu pun meminta maaf dengan tenang kalau sebelumnya pernah ada barista yang memberikan cup besar. Tetapi untuk standar cup yang tersedia di Zus Coffee memang hanya cup kecil saja.

"Pak saya minta maaf, tapi memang standar kopi di kafe ini hanya cup kecil," ucapnya.

Di laman Twitter, video yang diunggah kembali itu telah mendapatkan 2,2 juta penonton dengan banyak netizen yang ikut kesal dengan perilaku pelanggan tersebut.

Seorang netizen berkomentar, "Menganggu lah pelanggan yang seperti ini yang merasa dirinya paling benar."

"Sebagai mantan staff di dunia F&B, aku bisa jadi gila kalau punya pelanggan kayak gini. Dia anggapnya setiap coffee shop punya produk dan pelayanan sama. Karena itu setiap ada pelanggan yang pesan, aku dulu selalu konfirmasi lagi dan menunjukkan ukuran cup untuk menghindari kebodohan kayak gini," komentar netizen lain yang ikut kesal.

Sementara netizen lain yang pernah kerja di industri sama membagikan pengalamannya saat mendapatkan pelanggan seperti ini.

Netizen itu mengungkap, "Aku pernah berurusan dengan pelanggan seperti ini, aku senyum lebar sambil menyetujui segala kemarahannya tetapi menolak apa yang dia minta. Kalau dia kesal, aku gak marah dan hanya menyapa dia dengan suara girang "Kalau ada apa-apa boleh cari saya di sini" Terus dia langsung pergi."



Simak Video "Suasana Kafe Bernuansa Piala Dunia di Pinrang"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT