Pelawak Abah Qomar Jadi Food Vlogger, Kontennya Curi Perhatian!

ADVERTISEMENT

Pelawak Abah Qomar Jadi Food Vlogger, Kontennya Curi Perhatian!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 24 Jan 2023 16:00 WIB
Pelawak Abah Qomar Jadi Food Vlogger, Kontennya Curi Perhatian!
Foto: TikTok abah.qomar
Jakarta -

Dahulu dikenal sebagai pelawak, Abah Qomar kini eksis di TikTok. Ia menjadi food vlogger yang mengusung konsep berbeda saat mengulas makanan-makanan daerah. Ini aksinya

Nurul Qomar atau akrab disapa Abah Qomar adalah seorang komedian berdarah Sunda. Dahulu ia eksis di program televisi dengan grup lawak Empat Sekawan bersama Derry, Eman, dan Ginanjar.

Kini Abah Qomar lebih terkenal sebagai seorang kreator konten TikTok. Di media sosial berbasis video itu, followersnya sudah mencapai 909 ribu dengan total kumpulan tanda suka (likes) 5,5 juta.

Salah satu konten andalannya mengenai kuliner. Abah Qomar punya ciri khas menyapa penontonnya dengan sebutan "Cucu-cucu Abah" di awal video.

Pria 62 tahun ini kemudian mengajak penonton menyambangi spot-spot kulineran legendaris dan ikonik di sebuah daerah. Sering kali videonya tembus ditonton jutaan kali.

Pelawak Abah Qomar Jadi Food Vlogger, Kontennya Curi Perhatian!Abah Qomar mengunjungi Nasi Jamblang Pelabuhan dan menjelaskan sekilas soal kuliner khas Cirebon ini. Foto: TikTok abah.qomar

Misalnya ketika Abah Qomar mengunjungi Nasi Jamblang Pelabuhan (6/1) di Cirebon. Ia menunjukkan suasana, pilihan menu, hingga cita rasa makanan yang disantapnya dengan cara menarik.

Abah Qomar tak berusaha menjadi sosok kekinian dengan melontarkan kata-kata gaul, tetapi menjadi dirinya sendiri yang memiliki kalimat-kalimat santun khas orang tua. Intonasi nadanya pun seolah sedang menerangkan pada anak-anak atau cucunya mengenai sebuah makanan.

Tak jarang, ayah 4 anak ini mengungkap filosofi, sejarah, hingga keunikan dari makanan yang dicicipinya. Seperti ketika ia menjelaskan keunikan nasi jamblang yang dibungkus daun jati.

"Sega jamblang khas kekayaan Nusantara yang ada di Cirebon. Kenapa disebut jamblang? Memang diproduksi di daerah asalnya itu, bernama Jamblang," ujarnya.

"Tempat makannya itu ada di daun jati, supaya makanan yang dimakan manunggal (bersatu) sejati dalam tubuh kita," sambung Abah Qomar. Videonya mengulas makanan ini diiringi nuansa musik tradisional sebagai latarnya.

Pada video lain, Abah Qomar menyoroti keunikan kuliner khas Indramayu, rumbah (21/1). Tempat menikmatinya, Rumbah Mimih Darinih berlokasi di gang Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur.

Pelawak Abah Qomar Jadi Food Vlogger, Kontennya Curi Perhatian!Abah Qomar juga sempat mencicipi rumbah khas Indramayu. Foto: TikTok abah.qomar

Abah Qomar menjelaskan keunikan rumbah yang terdiri dari kangkung rebus, tauge rebus, dan lontong. Ia juga sempat menemui sang pemilik rumah makan, Mimih Darinih yang sudah berusia 60 tahun namun masih aktif berjualan.

Hal menarik lain terlihat ketika Abah Qomar menyambangi penjual Mie Koclok Pandjunan di Cirebon. "Apa bedanya ya sama mie koclok Bandung?" Ia kemudian berbincang-bincang dengan penjualnya.

"Mie koclok Bandung itu bening, kalau ini kental. Pakai santan," kata penjual dan Abah Qomar. Usaha kuliner ini ternyata tergolong legendaris karena sudah ada sejak 1975.

Pelawak Abah Qomar Jadi Food Vlogger, Kontennya Curi Perhatian!Mie koclok khas Cirebon dengan kuah santan bikin Abah Qomar ketagihan. Foto: TikTok abah.qomar

Seporsinya terdiri dari mie, irisan kol, tauge, daun bawang, dan telur rebus. Ketika mendeskripsikan rasa makanan yang enak, Abah Qomar juga punya jargon yang mudah diingat. "Pas di mulut, mantap ning mulut," katanya dengan wajah bersemangat.

Ketika melihat video-video ulasan kuliner dari Abah Qomar, banyak netizen merasa terhibur. Mereka kerap mendoakan kesehatan sang komedian sekaligus merekomendasikan berbagai tempat makan menarik.

"Semoga Abah sehat selalu aamiin ya Allah," kata netizen.

"Suka banget lihat video-video Abah, sehat selalu ya bah," ujar seorang netizen.

"Sehat-sehat ya Abah biar bisa hibur kita semua," ucap netizen lain.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT