Sedap! 5 Makanan Ini Jadi Andalan di Warung Makan Kampung

ADVERTISEMENT

Kuliner Kampung Pinggir Jakarta

Sedap! 5 Makanan Ini Jadi Andalan di Warung Makan Kampung

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 01 Des 2022 14:00 WIB
10 Resep Ikan Air Tawar Lezat, Gurame Asam Pedas hingga Pecak Nila
Foto: iStock/detikfood
Jakarta -

Warung makan kampung bergaya Betawi - Sunda sering ditemukan di daerah pinggir Jakarta. Biasanya mereka menawarkan makanan tradisional berupa gabus pucung hingga pecak ikan.

Jakarta memang identik dengan budaya Betawi, namun karena letak ibu kota ini yang dekat dengan kawasan Jawa Barat, sehingga beberapa daerah pinggiran Jakarta punya budaya yang bercampur dengan Sunda, termasuk kulinernya.

Masih banyak warung makan di daerah pinggiran Jakarta yang menawarkan menu-menu tradisional bergaya Betawi-Sunda. Menu-menu makanannya mulai dari ayam goreng kampung dengan lalapan hingga makanan khas Betawi berupa gabus pucung.

Kuliner tradisional kampung ini punya ciri khasnya tersendiri yang diolah dengan bahan-bahan tertentu. Sebelum makan di warung makan kampung Betawi-Sunda, kamu bisa mengenali beberapa menu yang biasa mereka tawarkan. Berikut daftarnya!

1. Gabus Pucung

Makanan khas Betawi yang paling populer ialah gabus pucung. Berupa olahan ikan gabus yang dimasak dengan kuah berwarna hitam.

Ikan gabus kini cukup sulit ditemukan, tetapi beberapa warung makan punya pilihan ikan lain seperti ikan nila. Ikan akan digoreng terlebih dahulu kemudian baru dimasak dengan kuah hitam yang berasal dari pucung atau kluwek.

Seporsi gabus pucung biasanya dilengkapi dengan potongan ikan yang besar. Ada juga rumah makan yang menawarkan bagian ikan tertentu yang bisa dipilih sesuai keinginan.

2. Pecak Ikan

Pedas Segar! Pecak Ikan Nila di Warung Betawi Pengkolan BekasiPecak ikan menjadi salah satu makanan khas betawo yang menarik untuk dicoba karena punya rasa pedas segar. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Jika ingin makan hidangan yang pedas segar, pecak ikan menjadi pilihan tepat. Pecak ikan merupakan olahan ikan yang disiram dengan kuah bumbu pecak yang segar.

Ada beberapa jenis ikan yang bisa dimasak dengan bumbu pecak mulai dari ikan nila, ikan gurame, ikan lele atau ikan air tawar lainnya. Biasanya ikan tersebut akan digoreng kering lalu disiram dengan bumbu pecak tadi.

Sementara ada juga beberapa resep bumbu pecak seperti bumbu pecak dengan tambahan kacang dan kemiri maupun bumbu pecak berkuah bening. Tetapi jika makan di warung makan kampung pinggir Jakarta, mereka biasanya menawarkan bumbu pecak berkuah bening.

Meskipun ada beberapa racikan berbeda, tetapi salah satu kunci kelezatannya ditentukan dari pemakaian cabe dan kencur.



Simak Video "Bikin Laper: Manjakan Lidah dengan Aneka Masakan Betawi di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT