Makanan Khas Sunda-Betawi Bisa Dinikmati, Populer di Pinggiran Jakarta

ADVERTISEMENT

Kuliner Kampung Pinggir Jakarta

Makanan Khas Sunda-Betawi Bisa Dinikmati, Populer di Pinggiran Jakarta

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 29 Nov 2022 15:00 WIB
Rumah makan kampung yang menawarkan masakan khas Sunda-Betawi.
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Makanan khas Sunda dan Betawi mudah sekali ditemui di warung atau rumah makan sederhana yang ada di pinggiran Jakarta. Menu yang ditawarkan dari gabus pucung hingga pecak ikan.

Warung atau rumah makan yang bertempat di pinggiran Jakarta, seperti Tangerang, Depok, dan Bekasi biasanya menawarkan masakan rumahan. Masakan rumahan yang dimaksud biasanya memiliki aliran dari kuliner Sunda dan Betawi.

Dikarenakan, rumah makan tersebut bertempat di pinggiran Jakarta yang juga sudah dekat dengan kawasan Jawa Barat. Kedua daerah ini memiliki karakteristik masakan yang mirip, banyak juga menunya menggunakan lauk ikan.

Baca Juga: 5 Ustaz Ini Dikritik Netizen karena Berikan Ajaran 'Sesat' soal Makanan

Sebut saja gabus pucung yang sebenarnya berasal dari Betawi. Kuliner satu ini juga disebut sebagai salah satu makanan yang hampir punah, karena sulitnya menemukan ikan gabus.

Gabus pucung tak hanya bisa ditemui di rumah makan Jakarta saja, tapi banyak ditawarkan di daerah pinggiran. Banyak tempat makan sederhana di kawasan Tangerang dan Bekasi yang menawarkan sajian ikan gabus dengan bumbu hitam pekat.

Selain gabus pucung, menu yang juga mudah ditemui di rumah makan pinggir Jakarta adalah pecak ikan. Biasanya menggunakan jenis ikan gurame dan nila. Pecak juga bisa disajikan bersama ayam goreng.

10 Resep Ikan Air Tawar Lezat, Gurame Asam Pedas hingga Pecak Nilapecak Foto: iStock/detikfood

Baca Juga: 4 Tipe Kepribadian Sesuai Rasa Mie Instan Favorit, Kamu Tipe Mana?

Salah satu sayur yang selalu ada di warung makan kampung dengan menu Sunda-Betawi adalah sayur asem. Rasanya yang asam segar menambah kenikmatan santap siang. Apalagi jika menikmatinya dengan tambahan sambal dan ikan asin.

Warung makan ala kampung juga memiliki ciri khas sendiri. Sebagian warung berjualan di tengah pemukiman warga yang hanya mengandalkan teras rumahnya. Ada juga yang menyediakan beberapa saung hingga mengusung konsep prasmanan.

Rumah makan kampung yang menawarkan masakan khas Sunda-Betawi.Rumah makan kampung yang menawarkan masakan khas Sunda-Betawi. Foto: Getty Images/iStockphoto

Selama satu pekan ini, tim detikFood akan mengulas seputar kuliner kampung yang menyajikan masakan Sunda-Betawi. Mulai dari fakta-fakta kulinernya hingga rekomendasi tempat makan yang layak dikunjungi di kawasan Tangerang hingga Bekasi. Jadi, pantau terus detikFood ya!

Baca Juga: 5 Tips Bikin Menu Makanan dan Minuman Warkop Enak



Simak Video "Bikin Laper: Segarnya Kuah Tom Yam Autentik Khas Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT