5 Ustaz Ini Dikritik Netizen karena Berikan Ajaran 'Sesat' soal Makanan

ADVERTISEMENT

5 Ustaz Ini Dikritik Netizen karena Berikan Ajaran 'Sesat' soal Makanan

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 29 Nov 2022 13:30 WIB
Pendapat ustaz soal makanan
Foto: TikTok/Facebook/Instagram
Jakarta -

Pendapat beberapa ustaz soal makanan ini menuai kritik pedas dari netizen. Pasalnya mereka seolah mengharamkan makanan dengan ajaran yang dinilai menyesatkan.

Ustaz atau pemuka agama akan memberikan pembelajaran yang sesuai dengan syariat. Termasuk juga soal makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi bagi muslim.

Sebenarnya hal tersebut pun sudah dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadist. Nah, ustaz hanya menyampaikan kepada majelis. Namun, ada pendapat dari beberapa ustaz yang dinilai menyesatkan.

Karenanya beberapa ustaz ini mendapat kritik dari netizen. Mulai dari mengharamkan nasi lemak hingga klepon.

Berikut pendapat nyeleneh dari 5 ustaz:

1. Minum Susu Berlebihan Menyebabkan Mata Rabun

Pendapat ustaz soal makananPendapat ustaz menyebutkan bahwa minum susu berlebihan bisa menyebabkan mata rabun. Foto: TikTok/Facebook/Instagram

Melalui siaran langsung di TikTok, orang yang mengaku sebagai ustaz dan ustazah asal Malaysia memberikan pendapat yang dinilai netizen sebagai hal yang menyesatkan.

Mereka menyebutkan bahwa minum susu terlalu banyak bisa menyebabkan penglihatan buruk. Bahkan ia menekankan bahwa hal tersebut seperti yang ada di kitab Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah.

Videonya viral dan mendapat kritik dari netizen. Menanggapi hal itu, minum susu terlalu banyak memang bisa membahayakan bagi orang yang tubuhnya tidak toleran terhadap laktosa, tetapi tidak sampai membuat mata jadi rabun.

Baca Juga: Ustaz Ini Dihujat karena Sebut Minum Susu Berlebihan Sebabkan Mata Rabun

2. Nasi Lemak Disebut sebagai Simbol Iluminati

Pendapat ustaz soal makananPendapat ustaz menyebutkan bahwa nasi lemak sebagai konspirasi Yahudi karena berbentuk segitiga seperti iluminati. Foto: TikTok/Facebook/Instagram

Masih di Malaysia, seorang ustaz nernama Harun Jalil menyebutkan bahwa nasi lemak sebagai bentuk illuminati. Hal itu lantaran bentuk bungkusan nasi lemak mirip simbol illuminati.

Pendapatnya tersebut diunggah melalui media sosial. Ia mengatakan bahwa nasi lemak dianggap sebagai konspirasi Yahudi untuk merusak akidah umat Islam.

Unggahannya langsung dikritik netizen. Banyak netizen yang berpendapat bahwa tak ada hubungannya antara nasi lemak dan illuminati. Sebab nasi lemak sudah lama dibungkus berbentuk segitiga.

Baca Juga: Ustaz Ini Sebut Nasi Lemak Bungkus Daun Pisang Mirip Simbol Illuminati



Simak Video "Melihat Aneka Ikan di Pasar Flamboyan Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT